Riau

Festival Lampu Colok Harus Tetap Lestari

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin saat menghidupkan salah satu lampu colok tanda dibukanya Festival Lampu Colok tahun 2017. Rabu (21/6/2017) malam.

BANTAN (MR) - Sebagai salah satu kearifan lokal, Festival Lampu Colok yang diselenggarakan mulai malam ke-27 Ramadhan, atau malam tujuh likur setiap tahunnya harus tetap dilestarikan.

“Pelestarian ini penting, karena selain merupakan tradisi masyarakat yang dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk syiar islam, banyak hikmah maupun tunjuk ajar kehidupan yang dapat dipetik di dalamnya”, kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin saat membuka Festival Lampu Colok tahun 2017 di Desa Penawar, Kecamatan Bantan, Rabu (21/6/2017) malam.

Dijelaskan Amril, hikmah dan tunjuk ajar dimaksud diantaranya dapat menumbuhkembangkan serta mempererat semangat persaudaraan, kekompakan, kepedulian, serta gotong royong di kalangan masyarakat, yang akhir-akhir ini memang kian tergerus dampak globalisasi dan modernisasi, yang memang lebih banyak mengajarkan pola hidup individualitis.

“Selain itu, perlu dilestarikannya tradisi yang sudah berlangsung sejak zaman berzaman, dari satu generasi ke generasi berikutnya ini, karena kearifan lokal ini memiliki kekhasan tersendiri. Keunikan yang bukan saja membuat warga Kabupaten Bengkalis di perantauan rindu untuk pulang ke kampung halaman, tetapi juga dapat menarik wisatawan berkunjung ke daerah kita”, ungkap orang nomor satu di Negeri Junjungan ini.

Disisi lain Amril mengingatkan, agar upaya pelestarikan tradisi lampu colok tidak mengurangi aktivitas ibadah di bulan suci Ramadhan.

“Kita berupaya bagaimana festival ini dapat berlangsung dengan meriah, namun hal tersebut tidak boleh membuat Masjid-masjid, Mushalla-mushalla menjadi kosong. Jangan sampai membuat aktivitas ibadah, lebih-lebih ibadah wajib, menjadi dilalaikan karenannya”, pinta amril.***(Han)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan