Nasional

PDI Perjuangan Berangkatkan 116 Bus Mudik Gratis

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (kedua Kanan) dan Sekjen PDI Perjuangan melpas Peserta mudik gratis yang diselenggarakan PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, 22 Juni 2017. TEMPO/Amston Probel

JAKARTA (MR) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan melepas sekitar 6 ribu peserta mudik gratis ke sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Sumatera. Ketua Panitia Mudik Gratis PDI Perjuangan Alex Indra Lukman mengatakan pihaknya menggunakan 116 bus untuk mengangkut pemudik ini. 

Ia menjelaskan total 116 bus ini berdasarkan usia Presiden pertama RI Soekarno pada 1901-2017. "Total ada 5.800 orang yang diberangkatkan," kata Alex di Kantor DPP PDI-P, Jalan Raya Lenteng Agung Barat, Jakarta Selatan, Kamis 22 Juni 2017. 

Ia menjelaskan mudik gratis adalah tradisi untuk partai berlambang banteng ini sejak 1999. Mudik gratis ini menggunakan bus ini adalah lanjutan mudik gratis dengan menggunakan kereta api yang dilepas pada 21 Juni 2017. "Total ada sekitar 6.400 pemudik yang diberangkatkan," ujarnya. 

Alex pun menjamin keselamatan pemudik dengan memngerahkan komandan rombongan pada setiap bus yang membawa pemudik ke sejumlah tempat seperti Semarang, Yogyakarta, Tegal, Pemalang, Purbalingga, Banjar, Surabaya, Malang, hingga Padang. 

"Komandan rombongan ini yang akan terus melaporkan perjalanan," kata Alex. 

Bus-bus terparkir sejak persimpangan Jalan Raya Lenteng Agung Barat sampai kantor DPP PDI-P. Arus jalan pun sempat ditutup. Rombongan peserta mudik dilepas sekitar pukul 11.00. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDI-P bidang Organisasi yang juga Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melepas rombongan pemudik.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan pada mudik gratis 2017 oleh partainya adalah sebuah terobosan. Sebabnya, untuk pertama kali pihaknya menyediakan mudik gratis hingga Pulau Sumatera dan dari Pulau Bali ke Pulau Jawa. "Biar ini jadi tradisi partai yang terus dijaga sebagai bentuk komitmen partai," kata Hasto.*** (tempo)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan