Riau

Bupati Amril: Silahkan Beri Kritik yang Membangun

Bupati Amril Mukminin dan Wakil Bupati H Muhammad saling berjabat tangan sebelum mengikuti halal bi halal di halaman kantor Bupati Bengkalis, Kamis (6/7/2017) pagi

BENGKALIS (MR) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, secara etimologi, kata Syawal bermakna peningkatan. Hal itu merupakan target ibadah puasa. Pasca Ramadhan diharapkan orang-orang yang beriman meraih derajat ketakwaan.

Kemudian, sambungnya, seorang muslim yang terlahir kembali seperti kertas yang masih bersih, sehingga di bulan Syawal ini, kualitas keimanannya mengalami peningkatan. Tidak hanya kualitas ibadah, tetapi juga kualitas pribadinya yang selama di bulan Ramadhan dilatih secara lahir batin.

Amril mengemukakan itu, ketika  memberikan sambutan pada acara halal bi halal sempena Idul Fitri 1438 H yang ditaja Pemerintah Kabupaten Bengkalis.  

Kegiatan yang dihadiri  tidak kurang dari seribu masyarakat dari berbagai kalangan itu, dipusatkan di halaman Kantor Bupati Bengkalis, Kamis (6/7/2017).

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, katanya lagi, khususnya untuk mempercepat keberhasilan pembangunan di daerah ini, peningkatan tersebut harus dapat diimplementasikan dengan memberikan kontribusi terbaik yang dimiliki. Termasuk dalam bentuk kritik sekalipun.

Namun demikian, pesannya, agar kritik dimaksud berkontribusi bagi percepatan pembangunan di daerah ini, hendaknya senantiasa disertai dengan perilaku atau sifat yang solutif. Meski kritik yang membangun.

"Sebab sebagaimana sebuah ungkapan bijak, memberi kritik tanpa solusi, seperti memberi piring pada orang yang sedang kelaparan, tapi tidak beserta makanannya,” ujarnya.

Masih mengutip sebuah ungkapan bijak, Amril menambahkan, kritik tanpa adanya perilaku yang solutif, ibarat orang sholat, tapi orang tersebut tidak memahami makna yang terdapat di dalam setiap bacaan sholatnya.

Sementara dengan untaian kalimat indah yang lain, Amril mengatakan, kalau pandai jangan menggurui; kalau tajam, jangan melukai; kalau laju, jangan mendahului.

Selain Bupati Bengkalis beserta istri Kasmarni, hadir juga dalam acara yang isi santapan rohani oleh ustazah Hj Roslen Hasan dari Jakarta itu, diantaranya Wakil Bupati Bengkalis H Muhammad, Ketua DPRD Bengkalis H Indra Gunawan Eet.***(rls/red)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan