Riau

Pastikan Kondisi Pelayanan, Komisi I DPRD Sidak Disdukcapil Inhil

TEMBILAHAN (MR) - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan Inpeksi Mendadak (Sidak) ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Jum'at (7/7/2017).

Sidak tersebut sebagai langkah memastikan terhadap kondisi pelayanan kepada masyarakat. Dimana belakangan ini, pelayanan dinas tersebut dinilai masih jauh dari harapan.

Sebab, kantor identik dengan pelayanan masyarakat itu tampak berdesak-desakkan dalam perekaman KTP Elektronik atau e-KTP, KK dan Akte Keluarga.

"Kesimpulan hasil dari Sidak ini, memang banyak yang harus dibenahi, memang masih banyak perbedaan persepsi atau SOP yang ada di sini," kata Ketua Komisi I, Yusuf Said dan didampingi Sekretaris Komisi I Muamar serta sejumlah anggota.

Dia menjelaskan, yang menjadi perhatiannya diantaranya kurangnya pasilitas perekaman, persoalan tenaga kerja dan beberapa persoalan lainnya.

"Yang semestinya bisa melayani menggunakan IT kenapa tidak, terus alat perekamnya juga baru ada 2. Begitu juga pelayanan perekaman e-KTP, operator KK juga baru ada 4 yang kita nilai masih terbatas," terangnya.

Dengan begitu, dia berharap dimomen Assessmen ini bisa merubah sistem lebih baik lagi. Untuk itu katanya, harus jeli dalam memilih Kepala Disdukcapil yang baru. Kemudian juga diharapkannya segera mencari nama-nama pengganti para ASN yang hendak pensiun dan harus segera menyampaikan ke pusat.

Dimana, ada beberapa ASN yang sudah mau pensiun yang harus segera ditindak lanjuti sebelum terjadi persoalan baru.

"Jangan sampai mendadak, nanti tak ada pulak yang menggantikannya yang berakibatkan terganggu lagi pelayanannya. Apalagi Disdukcapil ini merupakan OPD yang harus mendapatkan perhatian lebih dari sisi pelayanannya," tandasnya.***(mir)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan