Riau

Hari Puncak HAN Tampilkan Konsep Berbeda

BENGKALIS (MR) – Puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Bengkalis, yang digelar di Lapangan Tugu Bengkalis pada Kamis (24/8/2017), panitia pelaksana akan menggelar konsep berbeda dari sebelumnya.

Dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Wasiah, Selasa (22/8/2017), konsep berbeda yang bakal ditampilkan meliputi berbagai permainan anak tempo dulu. Seperti permainan congkak, yeye, setatak dan bola setangkup serta penampilan lainnya.

“Alhamdulillah, persiapan untuk pelaksanaan sudah mencapai 90 persen. Mudah-mudahan pada hari H nanti, kegiatan berjalan lancar,” tandasnya.

Menurut Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak di Dinas PP-PA Kabupaten Bengkalis ini, berbagai permainan yang bakal ditampilkan pada peringatan HAN 2017, bertujuan untuk kembali menangkat “batang” terendam permainan tempo dulu. Sebab saat ini, seiring kemajuan teknologi dan informasi, permain anak tempo dulu sudah tergilas oleh permainan game online via gadget atau hp maupun komputer.

Padahal, menurut isteri dari Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ini, permainan anak tempo dulu banyak memberikan pengajaran bagi anak-anak. Mulai dari nilai kerja sama, usaha, disiplin, perhitungan, kesetiakawanan serta sportifitas untuk menang kalah.

Berbeda dengan kondisi saat ini, anak-anak mulai dari usia balita hingga pelajar tingkat SLTA lebih senang menyendiri, karena selalu disibukan dengan permainan online di gadget dan depan komputer. “Makanya melalui momentum HAN tahun ini, kami berupaya membangkitkan lagi permainan tempo dulu di tengah-tengah masyarakat. Diharapakan, melalui keluarga dan sekolah agar memperkenalkan kembali permainan ini.” Ungkapnya.   

Selain menampilkan permainann anak tempo dulu, pihak panitia juga akan menampilkan berbagai persembahan dari anak Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Bengkalis, berupa pertunjukan permainan musik dan lagu. Tak ketinggalan penampilan Polisi Cilik (Pocil) besutan dari Polres Bengkalis, bakal menunjukan kebolehan di depan Bupati dan para undangan.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengalis Amril Mukminin, selain akan memberikan pengarahan juga akan menyerahkan Piala Kota Layak Anak Tingkat Pertama dari kepada Kepala Dinas PP-PA Kabupaten Bengkalis. Juga akan diserahkan hadiah lomba dongeng tingkat sekolah dasar yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis.***(han)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan