Riau

Rayakan Iedul Adha, Bupati dan Wakil Siak Berbagi Tugas

SIAK (MR) - Iedul Adha tahun ini, Bupati dan wakil Bupati Siak melaksanakan sholat secara terpisah. Bupati, Drs H Syamsuar MSi Sholat bersama masyarakat Kerinci Kanan, tepatnya di Masjid Al Huda Kamoung Bukut Lazim. Sementara Wakil Bupati Drs H Alfedri MSi, bersama masyarakat kota Siak di Pelataran Bandar Sungai Jantan.
 
Pantauan wartawan di Bandar Sungai Jantan, ribuan jamaah terlihat antusias mengikuti rangkaian Shalat Iedul Adha.
 
Dalam arahannya, sebelum shalat Id dimulai, Alfedri menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat terkait penyelenggaraan pemerintahan termasuk pelayanan publik, yang menurutnya masih banyak kekurangan dan belum memuaskan masyarakat.
 
"Sempena Hari Raya Idhul Adha ini, kami bersama Pak Syamsuar, mohon maaf kepada masyarakat atas segala kekurangan dan ketidakpuasan terhadap pelayanan yang kami berikan," ujarnya dihadapan jama'ah.
 
Momentum Idul Adha, imbuhnya, harus  dijadikan inspirasi dan dorongan untuk intropeksi, mawas diri dan koreksi, sejauh mana diri kita mampu berkorban untuk sesama dan berkorban untuk daerah.
 
Dijelaskannya pula, Hari Raya Haji 1438 H ini, sebagai spirit menumbuhkan serta meningkatkan rasa kepedulian dan berbagi terhadap sesama, khususnya kepada mereka yang kurang mampu.
 
“Hari Raya Idul Adha atau yang juga dikenal dengan sebutan Hari Raya Qurban, memiliki beberapa kelebihan tersendiri, diantaranya sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah SWT dan mampu menumbuhkan kepedulian sosial di lingkungan masyarakat melalui keikhlasan berbagi dengan kaum dhuafa,” tandasnya.
 
Diujung sambutannya, Ia mengajak seluruh jama'ah untuk mendoakan para jamaah haji Siak yang sedang melaksanakan rukun haji agar senantiasa dilimpahkan kesehatan dan keselamatan sehingga dapat kembali ke tanah air dan berkumpul bersama keluarga hingga menjadi haji mabrur. 
 
Pada kesempatan itu bertindak sebagai Imam adalah imam tetap Masjid Agung Sultan Syarif Hasyim Mukhtar dan Khotib dari Pekanbaru Ustadz Zulhendri Dosen UIN Suska Riau. 
 
Dalam pesan khotbahnya, Zulhendri menyampaikan uraian hikmah Idul Adha. Berbagai kisah ujian berat bagi Nabi Ibrahim dari Allah SWT serta hikmah Ibadah haji yang merupakan napak tilas Nabi Ibrahim AS.
 
Tampak hadir mendampingi Wabup Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kepala Kantor Kemenag Muharom, Sekda Siak T. Said Hamzah, Keitua LAM Siak dan Ketua MUI Siak. (Sgk)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan