Riau

Pembangunan Toilet Depan Istana, Diprotes Warga

SIAK (MR) - Bangunan yang saat ini sedang dikerjakan Dinas Pariwisata Siak, tepat di depan sisi kanan pagar depan Istana Aserayah Al-Hasyimiyah atau biasa disebut Istana Siak, menuai pro kontra dari warga. Pasalnya konon, bangunan tersebut adalah toilet.

Sebagian kalangan menilai, pembangunan toilet di depan Istana yang sangat disakralkan masyarakat Siak teeaebut, sangatlah tidak patut.

Andy bin Usman Yem, salah seorang Tokoh Pemuda dari Kota Siak, sangat menyayangkan sikap Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, yang Mendirikan Bangunan WC di Depan Objek Wisata Istana Siak yang adalah Merupakan Warisan Cagar Budaya Nasional. 

"Kami Menganggap Dinas Pariwisata Siak telah lancang mendirikan bangunan toilet di depan situs paling bersejarah ini. Apalagi tanpa koordinasi dan musyawarah dengan tokoh masyarakat, tokoh adat serta lembaga adat setempat," ujar Andy.

Menurutnya, protesnya terhadap pembangunan toilet di Lingkungan Istana Kerajaan Siak tersebut sangat meresahkan dan melukai hati masyarakat Siak. Dia takut hal tersebut bisa menimbulkan gejolak karena sangat bertentangan dengan adab, adat, nilai estetika alamiah, kearifan budaya Lokal serta sopan santun.

"Kami mendesak Dinas Pariwisata segera menghentikan pembangunan toilet tersebut dan segera memindahkannya ke tempat lain melalui musyawarah dengan berbagai pihak," tandasnya.*** (Sgk)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan