Riau

Tim Kompolnas Sambangi Polres Siak

SIAK (MR) - Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyambangi Mapolres Siak dalam rangka kunjungan kerja, Selasa (12/9). kunker diisi dengan sosialisasi dan pengumpulan data. Seluruh petinggi Polres Siak terlihat mengikuti seluruh rangkaian acara yang digelar di ruang Tribrata Mapolres Siak tersebut.

Sosialisasi sendiri, disampaikan oleh Komisioner Kompolnas Ir. Dede Farhan Aulawi SE, MM. Dikatakannya, landasan yuridis pembentukan Kompolnas yaitu Tap MPR nomor 7 tahun 2000 tentang peran TNI dan peran Polri serta UU nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI pasal (37, 38, 39, 40) terkait Kompolnas.

Kompolnas, imbuhnya, adalah lembaga Kepolisian Nasional yang bertanggung jawab kepada Presiden dan tugasnya membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Kepolisian Negara Republik Indonesia, memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.

Sementara wewenangnya, mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan pemberian saran kepada Presiden yang berkaitan dengan anggaran Polri, pengembangan sumber daya manusia Polri dan pengembangan sarana dan prasarana Polri. Serta memberikan saran dan pertimbangan lain kepada Presiden dalam upaya mewujudkan Polri yang professional dan mandiri.

Kompolnas, juga enerima saran dan keluhan masyarakat mengenai kinerja kepolisian dan menyampaikannya kepada Presiden. Keluhan adalah pengaduan masyarakat yang menyangkut penyalahgunaan wewenang dugaan korupsi pelayanan yang buruk, perlakuan diskriminasi, dan penggunaan diskresi yang keliru.*** (Sgk)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan