Riau

Risau Soal RTRW, Zul As Sambangi DPRD Riau

PEKANBARU (MR) - Masalah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang tak kunjung jelas penyelesaiannya hingga saat ini merisaukan banyak pihak. Apalagi dampak yang muncul sangat merugikan daerah. Terutama dalam pengembangan dan percepatan pembangunan. 
 
Dalam rangka memperjuangkan kepentingan daerah itu,  Walikota Dumai H Zulkifli AS didampingi sejumlah elemen masyarakat mendatangi DPRD Riau, Senin (25/9/17).
 
Tampak dalam rombongan yang dipimpin walikota yakni, unsur Komite Reformasi Masyarakat Dumai (KRMD), LAM Dumai,  LKKMD, tokoh masyarakat Dumai serta didampingi oleh LAM Riau. 
 
Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Ketua DPRD Riau,  Hj Septina Primawati,  Wakil Ketua DPRD Riau,  H Sunaryo,  H Noviwaldy Jusman dan Kordias Pasaribu,  anggota Hj Almainis dan Supriyati.
 
Walikota Dumai,  H Zulkifli AS dalam kata pengantarnya menyampaikan pentingnya penyelesaian masalah RTRW. Terutama dalam perkembangan dan pembangunan Dumai ke depannya. 
 
"Nilai investasi yang akan masuk ke Dumai hampir Rp 30 triliun. Namun karena terganjal masalah RTRW,  hampir separuhnya menarik diri. Ini tentunya sangat merugikan Dumai," tegas Walikota Dumai, H Zulkifli AS. 
 
Belum lama disampaikan Walikota, ada harapan baru bahwa persoalan RTRW bakal segera selesai. Namun  nyatanya,  dari 2 kali paripurna yang dilaksanakan DPRD Riau terkait RTRW selalu tidak quorum. 
 
"Ini tentunya menjadi beban juga bagi saya selaku kepala daerah. Karena desakan dari banyak komponen terus mempertanyakan persoalan ini. Kami berharap hari ini ada kepastian,"ujar Walikota H Zulkifli AS. 
 
Ketua LKKMD H Zulkifli Ahad dan H Armidi dalam penyampaiannya sedikit mempresure DPRD Riau. "Hari ini ada sekitar 2000 massa yang siap bergerak jika persoalan RTRW ini tak terselesaikan. Kami juga meminta kepada pimpinan DPRD,  jika ada anggota DPRD Dapil Dumai yang tidak menghadiri Paripurna RTRW mohon beritahukan kepada kami. Jangan buat negeri ini seperti daerah tak bertuan," tegas H Armidi. 
 
Sementara Ketua Komite Reformasi Masyarakat Dumai,  Ahmad Maritulius membacakan tuntutan masyarakat Dumai dan menyerahkan berkasnya langsung kepada Ketua DPRD Riau. 
 
Ketua DPRD Riau,  Hj Septina Primawati pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan dalam percepatan pengesahan RTRW. Dukungan itu menjadi penyemangat untuk segera menuntaskan. " Ini menambah semangat kami, dan terima kasih atas dukungannya. Prinsipnya, kita punya semangat yang sama," ujar Hj Septina Primawati. 
 
Wakil Ketua DPRD Riau, H Sunaryo selaku legislator Dapil Dumai menekankan bahwa pihaknya sangat memahami tuntutan yang di ajukan. "Kami berharap agar bisa langsung ikut mengikuti paripurna yang akan kita laksanakan pagi ini. Dengan begitu pulang ke Dumai sudah membawa hasilnya," ajak H Sunaryo. (rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan