Nasional

Mantap...!!! Cadangan Devisa RI Naik Menjadi US$ 109,8 Miliar, Utang LN Aman Bro....

Rupiah Menguat

Sementara itu Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tercatat mengalami penguatan hingga 5,27 persen (year to date), sejak awal tahun hingga 13 Juli 2016. Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp 13.095 per dolar AS hingga kemarin. 

" tukar rupiah stabil karena prospek ekonomi dalam negeri membaik dan meredanya gejolak eksternal," ujar Agus, dalam rapat kerja pemerintah bersama Komisi XI DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 14 Juli 2016.

Agus menjelaskan, kondisi makro ekonomi yang stabil, di antaranya terjaganya inflasi dan defisit transaksi berjalan (CAD) juga menjadi salah satu faktor pendukung rupiah menguat signifikan. Iklim investasi Indonesia juga kondusif untuk menarik dana asing. Meski demikian, tetap ada sejumlah faktor eksternal yang harus tetap diwaspadai dapat berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah ke depannya.

Faktor eksternal tersebut datang dari negara-negara maju, seperti Amerika Serikat dan Cina. Di antaranya adalah ketidkpastian dari kenaikan suku bunga acuan AS (Fed Fund Rate) dan perkembangan ekonomi Cina. 

Selain itu, dampak pasca keputusan keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa atau Britain Exit (Brexit) juga perlu terus dimonitor. Lebih jauh Agus berharap perekonomian Indonesia tetap akan bergerak positif, seiring dengan dimulainya implementasi dari kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan