Riau

Syamsuar Beberkan 'Rahasia' Sukses Siak

Syamsuar foto bersama panitia seminar

SIAK (MR) - Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, Sabtu (8/10) didaulat menjadi nara sumber dalam Seminar dan Rakorwil Forum Komunikasi Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam se-Sumatra, di Aula Gedung Guru, Pekanbaru.

Dalam seminar bertemakan "Membagun Karakter Muda Melalui Nilai-nilai Pancasila dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial itu, Syamsuar membebsrkan rahasia suksesnya msmbangun Siak di segala bidang, termasuk dalam membangun karakter generasi muda.

"Acuan pembangunan di Siak berdasarkan visi dan misi. Dalam misi pembangunan di Kabupaten Siak ada berisikan soal agama. Artinya, hal ini menjadi kewajiban karena tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama lima tahun," ungkapnya, sebagaimana dirilis humas setda Siak kemarin.

Dalam membentuk karakter pemuda generasi masa depan bangsa, jelas Syamsuar, di Siak pembangunan pendidikan umum berimbang dengan pendidikan agama dan sejalan dengan ideologi bangsa yakni Panca Sila. 

"Bukankah point petama ideologi bangsa ini ketuhanan yang maha esa. Ini sudah jelas bahwa pembangunan itu tidak lepas dari agama. Apalagi kita sebagai orang Melayu yang identik dengan Islam dan berfilsapat bahwa adat bersendikan syarak, syarak bersendikan kitabullah," tegasnya lagi.

Di-era kekinian, dimana teknologi informasi sangat pesat berkembang, ulasnya, sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter yang mengarah kepada individualistis dan kurang peduli dengan lingkungannya. Untuk itu sebagai generasi penerus bangsa, harus bisa menyikapinya dengan arif dan bijaksana.

"Kemajuan ini harus disikapi secara arif. Gunakan teknologi yang merupakan budaya barat ini untuk kegiatan positif dan jadikan teknologi memangkas rentang waktu pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.

Untuk menyikapi masalah ini di Siak, bebernya, pemkab Siak melalui dinas-dinas terkait terus memotivasi pemanfaatan teknologi agar tepat guna. Hasilnya, saat ini Siak telah ditabalkan sebagai Kabupaten Smart City. Harapannya bisa membentuk karakter dan mencerdaskan anak-anak bangsa. Dsngan teknologi, paparnya, Siak juga mendapat penghargaan pelayan publik terbaik tingkat Nasional. (Sgk)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan