Sumpah Pemuda

Ini 5 Komitmen Pemuda Indonesia

Presiden Jokowi didampingi Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (kanan) menyapa tamu undangan pada acara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 28 Oktober 2017. (TEMPO)

JAKARTA (MR) - Peringatan Sumpah Pemuda di Istana Bogor pada Sabtu, 28 Oktober 2017, bukan cuma dihiasi pembacaan pusi oleh Presiden Joko Widodo. Dari sisi anak-anak muda, ada pernyataan komitmen para pemuda Indonesia dalam memperingati Sumpah Pemuda 2017.

Pembacaan komitmen tersebut diwakili Michael Jakarimilena. Pria yang merupakan lulusan ajang pencarian bakat Indonesia Idol tersebut membacakan Komitmen Para Pemuda Indonesia di hadapan Jokowi dan hadirin lainnya. Isi pernyataannya adalah sebagai berikut:

Komitmen Para Pemuda Indonesia:

  • 1. Kami pemuda Indonesia, di atas segala perbedaan, kami bersyukur dan bersatu untuk menjaga keragaman dan kekayaan tanah air Indonesia.
  • 2. Dengan semangat dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia, kami bersumpah menjaga dan mempertahankan persatuan Indonesia.
  • 3. Atas nama rasa cinta terhadap sejarah dan masa depan Indonesia, kami berjuang untuk menjunjung tinggi budaya dan bahasa Indonesia.
  • 4. Untuk kemajuan dan kehormatan Indonesia, kami bekerja sekuat tenaga untuk berkarya memberikan yang terbaik untuk seluruh rakyat Indonesia.
  • 5. Kami pemuda Indonesia, kita tidak sama, kita bekerja sama.

Peringatan Sumpah Pemuda yang digelar di halaman belakang Istana Bogor berlangsung meriah. Acara dihadiri ratusan anak-anak muda dari beragam latar belakang. Mereka ada dari Pramuka, Paskibra, Taruna TNI-Polri, komunitas hobi seperti skate board, komunitas motor modifikasi, vlogger, atlet, entrepreneur, seniman, dan lainnya.

Pengunjung menikmati acara yang berlangsung cair dan akrab. Mereka juga dimanjakan dengan food truck yang menyediakan beragam makanan dan minuman, seperti dimsum dan kopi. Ada juga stand produk kreatif dan produk-produk kerajinan tangan. Di tengah-tengah halaman rumput Istana, ada puluhan kursi malas yang terbuat dari busa. Pengunjung terlihat santai menikmati acara.

Dalam pesan peringatan Sumpah Pemuda 2017, Jokowi memang berharap Sumpah Pemuda ini menjadi semangat abadi para pemuda Indonesia. "Kita ingin Sumpah Pemuda menjadi semangat abadi para pemuda Indonesia. Yaitu semangat kerja sama beragam pemuda dengan latar belakang yang berbeda," kata Jokowi dalam video yang dirilis Kementerian Sekretaris Negara, Sabtu, 28 Oktober 2017. Harapan itu juga terlihat saat Jokowi membacakan puisi karya novelis Dewi Lestari yang berjudul Sumpah Abadi di Istana Bogor. (*)

 

 

Sumber: Tempo.co

Editor: GJ. Siregar




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan