Riau

Surau Suluk nan Megah di Bonai Darussalam Rohul

Surau Suluk Syekh Muhammad Kayo di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam.
ROKAN HULU (MR) -Sesuai dengan julukannya Negeri Suluk Berpusaka nan Hijau, Kabupaten Rokan Hulu memiliki banyak tempat-tempat suluk yang layak dijadikan destinasi wisata religi. Adalah Surau Suluk Syekh Muhammad Kayo di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam.
 
Berdiri tahun 2013 lalu, bangunan surau suluk ini dibangun dengan dana swadaya masyarakat setempat. Surau suluk yang satu ini, memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Dimana surau suluk terlihat megah dengan lima menara di atasnya dan lokasinya strategis berada sekitar 30 meter di tepian Sungai Rokan.
 
Nuansa warna kuning berpadu dengan putih mengingatkan kita kepada kejayaan kerajaan Islam masa lampau.
 
Kemudian bangunan yang terdiri dari dua lantai ini, memiliki fasilitas kamar-kamar dilengkapi fasilitas Air Conditioner (AC).
 
"Surau suluk Syekh Muhammad Kayo, dibangun dengan dana swadaya masyarakat. Kapasitas tampung 1000 jemaah, dan kita lengkapi fasilitas," kata Kepala Desa Sontang, Zulfahrianto SE, yang kini sudah ditunjuk sebagai Mursyid di Surau Suluk Syekh Muhammad Kayo, Selasa (31/10/2017).
 
Zulfahrianto yang juga Ketua KNPI Rohul mengaku, surau suluk tersebut setiap setahun sekali dilakukan Suluk silaturrahmi, dengan 700 jemaah datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jambi, Aceh, Sumatara Barat, Sumatera Utara, Riau dan provibsi lain di Indonesia. 
 
Suluk yang dilalaksanakan, 10 hari 10 malam dan surau tersebut berkapasitas tampung 1000 jemaah.Hanya saja yang masih jadi keluhannya, butuh pembangunan sekitar 300 meter turap di tepian sungai Rokan. Karena saat ini akibat terkikis sungai hanya tinggal 30 meter bibir sungai ke Surau.
 
"Karena setiap tahunnya terkasi abrasi, kini sudah tinggal 30 meter dari bibir sungai ke surau. Sehingga turap tersebut sangat kita butuhkan, dan kita sudah tanyakan ke intansi terkait katanya baru bisa dibantu tahun 2018 mendatang," jelas Zulfahrianto.
 
Kini, dengan adanya surau suluk Syekh Muhammad Kayo yang dibangun megah dan lengkap dengan fasilitasnya, diharapkan masyarakat siap giat dan memajukan surau suluk. 
 
Apalagi, setiap tahunnya digelar Suluk silaturahmi yang didatangi ratusan jemaah.
 
"Paling penting lagi, bagaimana masyarakat di Desa Sontang juga bisa memanfaatkan fasilitas suluk untuk melakukan kegiatan Islami. Apalagi Rohul berjuluk Negeri “Suluk Berpusaka Nan Hijau", maka manfaatkan surau yang ada untuk berbagai kegiatan upaya meningkatkan Ukuwah Islamiyah dan tingkatkan keimanan masyarakat di Sontang khususnya,” harap Zulfahrianto. ***
 
 
Sumber: Media Center Riau




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan