Riau

Bupati Bengkalis Teken MoU dengan BIG

Bupati Bengkalis ketika menandatangani MoU

BENGKALIS (MR) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap mendukung penuh dan mewujudkan Penyelenggaraan, Pengembangan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial.

“Kita tentu siap menjadi salah satu daerah yang bakal mewujudkan program ini. Apa lagi kita telah melakukan sebuah kesepakatan dengan menandatangani sebuah naskah perjanjian kerjasama tentang Pembangunan Simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional ini,” tutur Amril Mukminin.

Ungkapan tersebut disampaikannya usai melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) tentang Penyelenggaraan, Pengembangan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial di Kabupaten Bengkalis, di Balai Pauh Jingga Gedung Daerah Provinsi Riau, Pekanbaru, belum lama ini tepatnya Jumat (3/11/2017) malam lalu.

Dikatakan, Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu. Sehingga secara detail data daerah dapat diketahui dengan baik.

“Dengan pemanfaatan peran Geospasial ini, tentu memberikan dampak positif untuk perkembangan dan kemajuan dari sumber daya alam yang di Kabupaten Bengkalis. Seperti contoh, kita memiliki perairan yang cukup luas, kepariwisataan serta lainnya yang memiliki potensi dan masih perlu ditingkatkan. Dengan adanya informasi geospasial ini, diharapkan publik dapat mengetahui secara jelas poteensi Kabupaten Bengkalis itu seperti apa,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BIG  dengan titel lengkapnya Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc. Eng, yang turut memberikan cindramata kepada Bupati Bengkalis, mengatakan bahwa MoU ini merupakan kesepakatan bersama antara BIG dan Pemerintah Daerah.

Ia mengaku siap untuk mendukung Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta dan Indonesia Terkoneksi. “Kami selalu mendukung daerah yang ingin bekerjasama dengan kami, dan siap untuk mewujudkan pembangunan dan pengembangan informasi Geospasial. Sehingga progres pembangunan daerah dapat terwujudkan dengan baik,” ujarnya.

 

 

 

SUMBER: Halloriau.com




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan