Riau

Warga Rohul Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Ilustrasi, (Google)
ROHUL (MR) - Menanggapi cuaca ekstream yang terjadi di beberapa daerah di Provinsi Riau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) meminta seluruh masyarakat di Rohul agar meningkatkan kewaspadaan bencana yang bisa datang kapan saja.
 
"Kita himbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, karena bencana itu bisa saja hadir sewaktu waktu. Untuk itu dibutuhkan kewaspadaan dalam rangka menjauhkan dari hal-hal yang menyebabkan kerentanan terjadinya kecelakaan dan korban resiko bencana," jelas kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Rohul Aceng Herdiana ST. MM kepada Wartawan Kamis (9/11/2017).
 
Saat ini, memang belum ada informasi resmi dari Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca Ekstream di Rohul. Namun, Aceng mengatakan, kearifan lokal masyarakat Rohul biasanya sudah mengetahui bahwa jelang akhir tahun yang diwarnai curah hujan tinggi sering sekali menyebabkan terjadinya bencana seperti banjir, puting beliung dan tanah longsor.  
 
"Kearifan lokal ini, otomatis masyarakat sudah harus bersiap siaga mulai sekrang, seperti mulai mempersiapkan diri, apa saja yang harus mereka lakukan jika seandainya bencana alam itu terjadi...," jelas Aceng.
 
Aceng juga melanjutkan, bahwa dari pemetaan beberapa daerah yang menjadi langganan bencana Angin Puting beliung yaitu kecamatan Kabun, kecamatan Ujungbatu, Kecamatan Rambah Hilir, kecamatan Rambah Samo, kecamatan Tambusai, kecamatan Kepenuhan, dan kecamatan Kepunhan Hulu.
 
Sementara itu, untuk kecamatan rawan banjir seperti kecamatan Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir, Tandun, Kabun, Pagaran Tapah, Kunto Darusalam, Bonai Darusalam, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu dan Bangun Purba.  
 
Disinggung terkait kesiapan BPBD Rohul dalam melakukan penanggulangan bencana, Aceng mengaku pihaknya telah siap baik personil, peralatan ataupun logistik. Diakuinya, saat ini pihaknya telah menyiapkan logistik seperti makanan siap saji, beras, minyak goreng dan paket sandang yang bisa langsung disalurkan jika bencana terjadi sewaktu-waktu.
 
"BPBD tentunya siap siaga sesuai kemampuan. kita siap 24 jam memberikan bantuan kepada masyarakat. kalau ada tanda akan segera terjadi bencana kita juga mengharapkan agar masyarakat segera melaporkan ke BPBD, sehingga tim kita bisa segera datang ke lokasi untuk memberikan bantuan," pungkasnya.(rty)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan