Riau

Wisman asal Malaysia Paling Banyak ke Pekanbaru

Objek wisata belanja Pasar Bawah salah satu tempat yang diminati wisatawan yang datang ke Pekanbaru
PEKANBARU (MR) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru mencatat setidaknya ada sekitar 22.739 orang Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang datang ke Pekanbaru. Dari angka tersebut jika dibandingkan tahun 2016 meningkat 25,70 persen.
 
"Untuk tahun 2016 lalu jumlah Wisman sebanyak 24.904 orang. Itu sudah sampai akhir tahun. Nah untuk tahun 2017 sampai September sebanyak 22.739 wisman dan di bulan yang sama tahun lalu 18.085 wisman," kata Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru, Ardiansyah kepada CAKAPLAH.COM, Senin (11/12/2017).
 
Pria yang akrab disapa Yayan ini mengatakan jumlah tersebut masih belum dihitung hingga akhir Desember. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah wisman yang berkunjung ke Pekanbaru sangat signifikan.
 
"Itu baru data per bulan September ya, belum sampai akhir Desember. Berbeda dari tahun-tahun yang sebelumnya. Artinya, jumlah wisman yang datang ke Pekanbaru ini sangat tinggi rasionya," imbuhnya.
 
Ia menyebut, jumlah Wisman yang berkunjung ke Pekanbaru memang masih didominasi oleh Wisman yang berasal dari Negara Malaysia. "Paling banyak masih Negara Malaysia. Kalau data yang ada di kami jumlah wisman Malaysia sebanyak 16.140 orang," ujarnya.
 
Saat ditanyakan apa yang menyebabkan jumlah wisman meningkat dari tahun sebelumnya, mantan Kabag Protokol Setdako itu mengatakan ada dua kemungkinan yang membuat Pekanbaru dikunjungi Wisman.
 
"Yang pertama menjadi kota wisata belanja dan yang kedua adanya wisata sejarah," ungkapnya.
 
Untuk itu, agar jumlah wisman terus bertambah dari tahun ke tahun, pihaknya juga akan tetap membuka agenda tahunan agar wisman bisa datang ke Pekanbaru. "Agenda tahunan tetap akan kami gelar seperti event sungai siak, dan membuat wisata kuliner di tepian sungai siak," pungkasnya.
 
 
 
Sumber: Cakaplah.com




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan