Tumbuhkan Entrepreneur Muda Di Era Digital

Prodi IK univrab Taja Talk Show Media Marketing

PEKANBARU (MR) - Di era digital saat ini, siapa yang tak kenal sosial media (sosmed) seperti facebook, instagram, twitter, path dan lain-lain.Tua-muda tanpa peduli strata sosial, semua bermain medsos. Seiring waktu, peranan medsos tidak semata untuk ber-say hello, namun sudah dirambah dunia bisnis. Dan peluangnya sangat potensial. Sayangnya peluang tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan sebagian besar pengguna medsos, apalagi para kawula muda. Insan muda, kebanyakan menggunakan medsos sekedar untuk ajang ekspresi diri, ngobrol dan aplaud kegiatan.

Demi menjaring pengguna medsos, khususnya insan muda kalangan mahasiswa agar bisa memanfaatkan medsos menjadi salah satu alat promosi bisnis, Program Study Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab (Univrab) Pekanbaru, Sabtu (23/12) menggelar talk show bertajuk "creativepreneur and social media marketing" di Gedung Tariq Bin Ziyad Komplek Kampus Univrab Jalan Riau Ujung, Pekanbaru.

"Kita ambil thema "creativepreneur and social media marketing" karena sebelum promosi bisnis, tentunya seseorang harus memiliki bisnis atau menjadi seorang entrepreneur (wirausahawan-red). Intinya, kita ingin mengajak rekan-rekan mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur dan memanfaatkan medsos sebagai ajang promosi bisnis. Mainkan jarimu raih peluangmu," ujar ketua panitia pelaksana, M Sultoni saat ditemui disela-sela persiapan akhir event, kemarin dilokasi acara.

Dijelaskannya, dalam event yang digawangi mahasiswa/mahasiswi semester akhir Ilmu Komunikasi Univrab dibawah bimbingan Dosen Event Management, Suzi Yolanda Gusma MA tersebut, mendatangkan dua pemateri dari gen elok yang bergerak di sosial media marketing, Berry Hardisakha ST dan Didit Rinjano, ST.

Untuk pesertanya, imbuh Toni-sapaan akran M Sultoni, tidak hanya berasal dari kampus Univrab, tapi juga melibatkan mahasiswa'mahasiswi dari Universitas lain, seperti UIN Suska, UIR, UNRI, UMRI dan Persada Bunda. "Sekitar seratus peserta yang kita undang untuk mengikuti event ini," tukas Toni.

Tidak itu saja, selaras dengan thema creativepreneur, imbuhnya, Panitia juga menyiapkan stand bazaar untuk pelaku usaha ekonomi kreatif yang datang dari berbagai penjuru Pekanbaru. "Selain mendengar dan menyimak pemaparan pemateri tentang kewirausahaan dan teknik medsos marketing, peserta juga bisa langsung melihat wujud dan hasil usaha kreatif yang dipamerkan dalam bazaar. "Semoga dengan ini, para peserta lebih termotivasi lagi untuk menjadi seorang wirausahawan dan tidak melulu PNS oriented. Maklum, kebanyakan motivasi kuliah adalah karena ingin menjadi pegawai Negeri atau pegawai Perusahaan swasta," tandas Toni lagi.

Terpisah, Suzi Yolanda Gusma MA, selaku Dosen mata kukiah Event Manajement, mengaku sangat mendukung event yang digelar mahasiswa/i nya tersebut.  Selain selaras dengan mata kuliah yang dipegangnya, event tersebut bakal merangsang tumbuhnya kreatifitas dan jiwa entrepreneur para mahasiswa. "Dari terselenggaranya gelaran ini saja, telah menjadi bukti, mereka mampu memanage sebuah acara yang melibatkan banyak orang. Ini bagian dari kreatifitas. Apalagi bisa mendatangkan mahasiswa Universitas lain sebagai peserta dan nara sumber dari luar Kampus," serunya.

Yolan, demikian Suzi biasa disapa, berharap para mahasiswa yang nota bene generasi penerus bangsa, dapat merubah mindset tentang pekerjaan dan tidak semata mengejar untuk menjadi PNS/ASN tapi tumbuh keinginan untuk menjadi seorang entrepreneur. Apalagi saat ini, lapangan kerja PNS/ASN sangatlah terbatas. Sementara wirausaha tidaklah terbatas sepanjang memiliki niat, kemauan, ulet, jujur dan kreatif. "Entrepreneur adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, bahasa kerennya ability to create the new and different. Sangat cocok dengan anak muda yanh suka tantangan. Jadi tunggu apalagi, jadilah seorang entrepreneur sejati," tandasnya. (Sgk)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan