Riau

RSUD Pekanbaru Segera Diresmikan

Walikota Pekanbaru Firdaus meninjau gedung RSUD Pekanbaru
PEKANBARU (MR) - Sebelum diresmikan, Walikota Pekanbaru Firdaus akan terlebih dahulu memilih Direktur Utama (Dirut) yang nantinya bakal memimpin Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Pekanbaru.
 
Untuk saat ini, nama-nama Dirut RSUD Kota Pekanbaru akan terlebih dahulu diajukan ke orang nomor satu di Pekanbaru.
 
"Setelah Pak Wali melakukan kunjungan ke RSUD kemarin, beliau meminta agar kami mengajukan tiga nama yang nantinya akan dijadikan Dirut RSUD," kata Helda Suryani yang sebelumnya menjabat Kepala Diskes Kota Pekanbaru sebelum dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Kamis (4/1/2018).
 
Ditambahkan Helda, untuk jabatan Dirut RSUD Kota Pekanbaru masih akan diduduki Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru.
 
"Yang jelas, Pak Walikota minta dikirim dulu tiga nama untuk selanjutnya dilakukan proses seleksi. Karena nantinya ada hal-hal yang sifatnya profesional dalam memilih pejabat Dirut RSUD," ungkapnya.
 
Ia memastikan, sebelum Walikota Firdaus meresmikan RSUD Kota Pekanbaru di bulan Januari ini, untuk struktural pejabat RSUD sudah terbentuk. "Nah sebelum launching nanti, siapa Dirut RSUD sudah bisa diketahui," pungkasnya.
 
Diberitakan sebelumnya, Pemko Pekanbaru berencana meresmikan RSUD Pekanbaru dalam waktu dekat. Peresmian ini sempat beberapa kali diundur, alasannya agar segala sesuatu yang berkaitan dengan Sarana, Prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) bisa segera dilengkapi terlebih dahulu.
 
Sebelum RSUD berkonsep Go Green (Ramah Lingkungan, red) ini diresmikan, Walikota Pekanbaru Firdaus menyempatkan diri meninjau pembangunan RSUD yang dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektar ini.
 
"Alhamdulillah, RSUD Pekanbaru Insya Allah dalam bulan ini sudah siap kita resmikan. Tinggal saja beberapa item yang harus dikejar, dan itu sudah saya sampaikan ke Dinas terkait untuk segera dilengkapi," kata Firdaus, Selasa (2/1/2018).
 
Ditambahkan Firdaus, salah satu yang harus dilakukan dinas terkait yakni mengenai susunan manajemen RSUD Pekanbaru. "Itu yang harus dituntaskan oleh Dinas Kesehatan. Jadi sebelum dilaunching, semua harus siap," ujarnya.
 
Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Helda Suryani Munir menambahkan segala persiapan untuk segera melaunching RSUD Pekanbaru sudah dilakukan termasuk me-SK-kan 91 tenaga kesehatan.
 
"Selain tenaga kesehatan, kita juga sudah melakukan persiapan untuk sarana dan prasarana baik itu meubiler dan alat kesehatan. Meskipun sifatnya masih pinjam pakai dari puskesmas dan dinas," kata Helda.
 
Dalam kesempatan ini, Helda juga berujar agar peresmian RSUD Pekanbaru sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Walikota Pekanbaru Firdaus.
 
"Pak Wali berharap launching dilakukan masih di bulan Januari. Untuk itu kita lakukan langkah-langkah agar tidak malu-maluin saat launching baik sarana, prasarana dan SDM," imbuhnya.
 
Saat disinggung apakah 91 tenaga yang sudah direkrut oleh Diskes Pekanbaru termasuk pegawai nonteknis dalam hal ini tenaga kesehatan, Helda menjawab belum.
 
"Kalau tenaga teknis kan kita pindahkan dari Puskesmas dan dinas. Nah untuk non teknis dari hasil diskusi dengan Pak Walikota tadi meminta ke BKD. Tergantung kebutuhan nantinya," ujarnya.
 
Helda berharap setelah dilauncing oleh Walikota Pekanbaru, pelayanan yang dilakukan oleh RSUD Kota Pekanbaru bisa sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat Pekanbaru.
 
 
Sumber: Cakaplah.com




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan