Riau

Kurangnya Kepedulian Warga Dumai Urus Akte Kematian

DUMAI (MR) - Masyarakat Kota Dumai kurang peduli dalam pengurusan akte kematian. Hal ini berimbas kepada kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Dumai. 
 
Kadisdukcapil Suardi SSy melalui Kabid Pencatatan Sipil Wazir mengakui kesulitan melakukan pemutahiran data, karena kurangnya peduli dari masyarakat itu.
 
"Yah memang belum adanya kepedulian warga untuk membuat akte kematian. Sehingga sulit untuk memutahirkan data," ujarnya kemarin.
 
Diperkirakan jumlah penduduk yang meninggal dalam satu RT ada sekitar 3 hingga 6 orang pertahun. Jika ditotalkan keseluruhannya di 540 lebih lingkungan RT dari 30 Kelurahan maka pertahun bisa 480 orang.
 
Tambahya, jika masyarakat peduli untuk membuat akte kematian, maka data akan terus up date. Maka dirinya berharap 2018 kesadaran masyarakat akan pentingnya akte kematian meningkat.
 
"Memang banyak masyarakat berpikir, orang sudah meninggal, jadi tak perlu membuat akte kematian. Padahal itu diperlukan untuk pemuktahiran data," ujarnya lagi.
 
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun 2017 lalu mengeluarkan berjumlah 2.961 akte kematian. Diantaranya untuk keperluan pensiun, karyawan swasta serta pembagian harta gonogini atau warisan.
 
 
"Jangan tunggu ada keperluan saja baru sibuk mengurus," pungkasnya seraya berharap koordinasi masyarakat dan perangkat desa dalam hal pengurusan akte kematian. (red/Xnewss)
 
 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan