Nasional

Mutasi Pejabat Polri, yang 'Nyalon' Pilkada Dicopot

MONITORRIAU.COM– Kepolisian Republik Indonesia melakukan mutasi untuk beberapa jabatan di Polri. Dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian bernomor ST/16/I/2018 tertanggal Jumat 5 Januari 2018, sejumlah Kapolda dan Perwira Tinggi, atau Pati Polri mengalami mutasi posisi dan jabatan.

Serah terima jabatan ini dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Dalam serah terima jabatan, terdapat nama dua jenderal yang dimutasi, lantaran mengikuti kontestasi politik di Pilkada 2018.

Dua jenderal tersebut, yakni Irjen Murad Ismail dan Irjen Pol Safaruddin. Keduanya dimutasi dari jabatan struktural dan strategis di Polri.

Safaruddin yang maju dalam Pilgub Kaltim, dimutasi sebagai Pati di Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri dalam rangka persiapan pensiun. Murad Ismail yang mencalonkan diri untuk Pilgub Maluku, dicopot dari jabatan Analis Kebijakan Utama bidang Brigade Mobil Mabes Polri.

Keduanya diketahui diusung oleh Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) dan sudah resmi mendaftarkan diri ke KPU daerah pemilihan masing-masing.

Selain memutasi keduanya, Polri juga melakukan mutasi Kapolda dan Pati Polri lainnya. Kepala Divisi Hukum Polri (Kadivkum), Irjen Pol Raja Erizman diangkat menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur. Untuk pengganti Irjen Pol Raja Erizman ditunjuk Kapolda NTT Irjen Pol Agung Sabar Santoso.

Selain itu, menggantikan Irjen Pol Safaruddin, Brigjen Priyo Widyanto ditunjuk sebagai Kapolda Kaltim. Sebelumnya, Brigjen Pol Priyo Widyanto merupakan Kapolda Jambi.

Untuk pengganti Kapolda Jambi, Brigjen Pol Muchlis AS ditunjuk. Sebelumnya, Brigjen Muchlis AS bertugas di Bakamla (Badan Keamanan Laut).

Pergantian juga terjadi di posisi Kapolda Lampung. Irjen Pol Hadi Siswoyo diangkat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Kapolda Lampung akan dijabat Irjen Pol Suntana, yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri.

Sementara itu, Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriady diangkat menjadi Komandan Korps Brimob Polri menggantikan Irjen Murad Ismail yang memasuki masa pensiun. Posisi Kapolda Sulteng akan dijabat Brigjen Pol I Ketut Argawa, yang sebelumnya menjabat sebagai Karoanalis Baintelkam Polri.

Untuk pengganti Irjen Pol Anton Charliyan sebagai Wakalemdiklat Polri, ditunjuk Irjen Pol Sigit Sudarmanto yang sebelumnya bertugas di Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Diketahui, Irjen Pol Anton Charliyan juga maju ke Pilkada Jabar sebagai Cawagub yang diusung PDIP.*** (viva)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan