Pariwisata

Lembah Harau, Wisata Alam Memukau di Sumbar

Keindahan Alam Lembah Harau

MONITORRIAU.COM - Lembah Harau Payakumbuh dalam beberapa tahun terakhir banyak menghiasi halaman jejaring sosial di tanah air. Lembah Harau yang terletak di Provinsi Sumatera Barat ini memang sanggup menyihir perhatian para traveler dari berbagai pelosok negeri. Terutama karena tempat ini memang menyuguhkan suasana yang sangat menarik.

Keberadaan Lembah Harau Payakumbuh ini pun semakin menambah panjang daftar tempat wisata yang ada di kota Padang dan sekitarnya. Tidak heran kalau traveler yang tengah melancong ke Ranah Minang bakal kesulitan dalam menyusun itinerary. Tak lain karena memang terlalu banyak tempat indah yang bisa dijumpai di Sumatera Barat.

Lembah Harau terkenal karena mempunyai topografi yang sangat menarik dan merupakan bagian dari Cagar Alam Harau. Tempat ini berada di dataran tinggi berkisar antara 500 hingga 850 meter di atas permukaan laut. Dari Lembah Harau, para traveler pun akan bisa menyaksikan keberadaan lima air terjun indah.

Keindahan alam Lembah Harau Payakumbuh pun ternyata sudah dikenal sejak dulu lho. Dulu tempat ini bukan disebut Harau, tapi Arau. Bahkan orang-orang Belanda pun menyukai pemandangan di sini. Buktinya adalah keberadaan sebuah prasasti yang terletak di sekitar air terjun Sarasah Bunta di Lembah Harau. Prasasti itu menyebutkan kalau tempat ini diresmikan oleh Belanda pada tanggal 14 Agutus 1926 dan oleh orang-orang Belanda diebut dengan nama Hemel Arau dan kini disingkat menjadi Harau.

Lembah Harau yang kini menjadi Salah satu destinasi wisata populer di Sumbar merupakan bagian dari wilayah administratif Kecamatan Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kota Payakumbuh merupakan kota yang terdekat dari tempat ini, berjarak kurang lebih 18 kilometer.

Kota lain yang jaraknya cukup dekat dari Lembah Harau Payakumbuh adalah kota Bukittinggi dan Padang. Jarak antara Bukittinggi menuju ke Lembah Harau kurang lebih 48 kilometer. Sementara kalau berangkat dari kota Padang menuju ke sini, jarak yang harus dilalui mencapai 138 kilometer.

Lembah Harau Payakumbuh ini menjadi destinasi wisata alam yang sangat populer bagi wisatawan domestik. Kebanyakan mereka datang dari area di sekitar Sumatera Barat, mulai dari wisatawan dari Riau, Sumatera Utara ataupun Jambi.

Para traveler yang datang ke tempat ini pun bisa melakukan aktivitas trekking berkeliling lembah. Untuk melakukannya, para traveler pun bisa menggunakan jasa pemandu wisata agar tidak tersesat. Biasanya, terdapat paket trekking satu hari dengan biaya mulai dari 100 hingga 200 ribu rupiah.

Kecantikan lain yang bisa disaksikan di Lembah Harau Payakumbuh adalah keberadaan air terjun. Di sini tidak hanya ada satu air terjun yang disebut sarasah oleh orang Minang. Air-air terjun yang ada di ini antara lain adalah Air Terjun Sarasa Murai, Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta dan Air Terjun Sarasa Luluih. Dan masing-masing air terjun pun mempunyai ciri khas serta keunikan tersendiri.

Sebagai destinasi wisata yang populer, jangan khawatir mengenai fasilitas pendukung di sana. Terlebih untuk masalah penginapan. Terdapat beberapa penginapan yang bisa dijumpai berlokasi tidak jauh dari Lembah Harau. Beberapa di antaranya adalah Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta serta Resort Rimbo Piobang.

Bagaimana pembaca setia monitorriau.com, anda berminat menikmati indahnya pesona alam Lemah Harau? Ayo kunjungi akhir pekan ini.***




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan