Riau

Wabup Rohul Apresiasi Bumdes Usaha Bersama Desa Sialang Rindang

TAMBUSAI (MR) - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, mengapresiasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Usaha Bersama Desa Sialang Rindang, Kecamatan Tambusai, Rohul, karena berdasarkan laporan Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdes (MPTB), Bumdes Usaha Bersama Desa Sialang Rindang berhasil menekan kredit macet atau zero tunggakan.
 
Pernyataan itu disampaikan Wabup Rohul H. Sukiman saat menghadiri MPTB Bumdes Usaha Bersama, yang digelar di halaman Kantor Desa Sialang Rindang, Kecamatan Tambusai, Rohul, Rabu (10/1/2018) sore.
 
Pada MPTB Bumdesesa Usaha Bersama Desa Sialang Rindang, dihadiri Ketua GOW Rohul Hj Peni Herawati, Staf Ahli Bupati H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Plt Kepala DPMPD Rohul, Ir Jufri M.Si, Camat Tambusai Muammer Ghadafi, Kepala Desa Sialang Rindang Putro Warsono, S.Agr, Pengurus Bumdes Usaha Bersama dan ratusan masyarakat Sialang Rindang.
 
Wabup Sukiman berharap, dengan adanya tata kelola Bumdesa Usaha Bersama Desa Sialang Rindang yang baik dalam pengelolaan simpan, dapat meningkatkan perekonomian yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
 
“Dalam perkembangan dan manajemen Bumdesa sudah bagus, seperti pengurus dan masyarakat pengguna jasa Simpan Pinjam ini disiplin sekali, terlihat disiplin karena berhasil mewujudkan zero tungggakan, sehingga semuanya taat aturan, ini salah satu bukti ketaatan masyarakat cukup bagus. Kemudian pengurus Bumdesa taat aturan karena tidak ada penyalahgunaan wewenang,” ucap Sukiman
 
Lebih lanjut dikatakan Sukiman, Eksistensi Bumdes Usaha Bersama Desa Sialang Rindang sangat membantu perekonomian masyarakat, selain bunganya rendah, proses peminjaman dan administrasinya sangat sederhana dan tidak berbelit-belit seperti proses perbankan pada umumnya.
 
“Contoh sederhana saja, masyarakat butuh pinjaman uang untuk tambahan modal, tidak mungkin kita harus pergi Kota untuk pinjaman ke Bank, karena proses dan administrasinya begitu panjang, ini salah satu contoh penggunaannya yang sederhana dan bermanfaat, jadi kita tidak usah jauh-jauh, cukup ke Bumdes Desa saja sudah ada,” ajak Sukiman
 
Mantan Dandim Inhil berharap, Bumdesa Bersama Desa Sialang Rindang kedepannya semakin maju dan berkembang. Melalui rapat MPTB ini sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan kedepannya, jika ada yang tidak baik harus dievaluasi, begitu juga sebaliknya, jika itu baik dan sesuai dengan aturan tetap dilanjutkan.
 
Kepala Desa (Kades) Sialang Rindang Putro Warsono, S.Ag mengaku, dengan terwujudnya Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp 239.024.484 itu berkat usaha bersama, iktikat yang baik dan semangat Pengelola Bumdes, BPD, perangkat desa dan masyarakat.
 
“Hasil SHU tahun 2017 terbanyak dari simpan pinjam, jasa dari masyarakat pinjam uang di Bumdes, sehingga terkumpul Rp 239.024.484 sehingga dapat menambah PADes Rp 23 juta. Unit usaha Bumdes Usaha Bersama ini masih fokus bergerak dibidang Simpan Pinjam, rencana kedepan sesuai dengan UU tentang Desa. Penyertaan modal akan digunakan untuk pembentukan unit usaha baru seperti penyediaan Sarana Produksi (Saprodi) pertanian dan sembako masayarakat,” ucap Putro
 
Kemudian, selain pinjaman uang di Bumdes, Putro mengaku, antusias masyarakat dalam menabung di Bumdes Usaha Bersama Desa Sialang Rindang cukup tinggi, sesuai laporan MPTB jumlah tabungan masyarakat di Bumdes ini lebih kurang Rp 1,8 Miliar.
 
“Dengan zero nol persen tunggakan, kita selalu berikan pemahaman ke masyarakat, bahwasanya jika tunggakan semakin tinggi maka nama peminjam (masyarakat) akan semakin jelek, jika terwujud zero tunggakan, Otomatis dana dari masyarakat ini bisa kita gulirkan kembali untuk masyarakat juga,” ucap Putro. ***




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan