Ekonomi

Riau Juga Kekurangan Stok Beras

Ilustrasi, (Google)
PEKANBARU (MR) - Merespon kondisi kelangkaan beras di Riau, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Riau, Yulwiriati Moesa, mengatakan bahwa masalah ini murni karena perubahan iklim. Sehingga ada banyak petani beras gagal panen. 
 
"Kalau kami melihat masalahnya memang disitu. Ini persoalan perubahan iklim sehingga ada banyak petani beras yang gagal panen," katanya dilansir bertuahpos.com, Jumat (12/1/2018) di Pekanbaru. 
 
Lebih lanjut, Yulwiriati mengharapkan dinas dan instansi lain yang tangani langsung soal produksi beras untuk segera mengambil langkah antisipasi untuk menyelesaikan masalah ini. 
 
"Kami sangat berharap kawan-kawan kita di sektor lain seperti instansi yang urusi soal pertanian dan tanaman pangan, mudah-mudahan bisa antisipasi perubahan iklim yang terjadi saat ini," katanya. 
 
Sebelumnya, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Riau meninjau gudang distributor beras di Jalan Jendral Pekanbaru, Jumat (12/1/2018). Tinjauan lapangan ini untuk memastikan ketersediaan stok beras di tingkat distributor dalam memenuhi permintaan masyarakat.
 
"Hasil tinjauan tadi memang ada kekurangan stok beras di tingkat distributor. Jumlahnya memang terbatas," kata Kepala Disdagkop UKM Provinsi Riau Yulwiriati Moesa kepada bertuahpos.com, Jumat (12/1/2018) saat dihubungi di Pekanbaru. 
 
Dia memastikan pada prinsipnya memang tidak ada indikasi penimbunan beras seperti daerah lain. Hanya saja pihak distributor tetap mengeluhkan soal ketersediaan beras kurang, sehingga berpengaruh terhadap harga. 
 
Untuk selanjutnya, tim Satgas pangan tetap akan lakukan pengawasan soal pendistribusian beras. Terutama untuk distributor beras yang ada di Kota Pekanbaru. (bpc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan