Riau

BUMD Kepelabuhan Dumai Belum Punya Kapal Sendiri

Ilustrasi, (Google)
DUMAI (MR) - Managemen BUMD PT Pelabuhan Dumai Berseri berharap dukungan Pemerintah Kota Dumai, Riau, guna memaksimalkan fasilitas dan sarana memadai agar dapat memulai kegiatan pemanduan atau penundaan kapal di pelabuhan.
 
Komisaris Utama PDB Muhammad Nasir di Dumai, Kamis, mengatakan agar dapat menjalin kerjasama dengan swasta dalam menjalankan aktifitas pemanduan dan penudaan, maka perusahaan daerah ini harus memiliki kapal sendiri.
 
"Pembelian kapal harus dilakukan agar dapat menjalankan aktivitas di pelabuhan, dan kita tentunya butuh perhatian serius dari pemerintah dumai dan legislatifnya," kata Nasir.
 
Nasir merupakan pejabat sekretaris daerah Pemkot Dumai ini menyebut, peluang perusahaan daerah bidang kepelabuhanan ini untuk melaksanakan kegiatan masih sangat terbuka, asal mendapat dukungan pemerintah.
 
Badan usaha milik daerah PT PDB harus merintis kembali kerjasama ke berbagai pihak untuk menjalankan aktivitas kepelabuhanan dengan mengoptimalkan sarana dan sumber daya dimiliki.
 
Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As mengatakan agar sebelum kegiatan kepelabuhanan dimulai, Pemkot menjalin kesepakatan bersama dengan Indonesia Maritime Pilot's Association untuk bekerjasama Perusda PDB.
 
Pemkot Dumai sangat mengapresiasi kesepahaman bersama ini dan diharap BUMD PT Pelabuhan Dumai Berseri bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain tanpa kendala.
 
"Setelah penandatanganan kesepakatan bersama ini, diharap ada koordinasi intensif dalam kerjasama atau langkah hukum lain," harap wali kota.
 
Melalui kerjasama ini diharap juga BUMD PT PDB lebih optimal menggarap potensi di bidang kepelabuhanan di Kota Dumai untuk kepentingan meningkatkan pendapatan asli daerah.
 
Presiden Direktur Indonesia Maritime Pilot's Association PH Harianja menyebutkan, pemanduan kapal biasanya dilakukan di wilayah pelabuhan maupun di wilayah alur pelayaran serta daerah wajib pandu dan perairan pandu luar biasa.
 
Pelaksanaan kegiatan di kepelabuhanan ini, lanjutnya, juga dapat meningkatkan kepercayaan pihak luar dan dalam negeri terhadap pengelolaan keselamatan dan kemaritiman di Indonesia.
 
"Semoga dengan kerjasama disepakati ini pemerintah dumai lebih baik kedepan dalam pelaksanaan kegiatan di kepelabuhanan," sebut Harianja usai penandatanganan kesepahaman bersama dengan Pemkot Dumai, Selasa (23/1).
 
 
Sumber: antarariau.com




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan