Riau

1.176 Imigran Gelap Pencari Suaka Berada di Riau

PEKANBARU (MR) - Komisi A DPRD Riau melakukan kunjungan balasan setelah beberapa waktu sebelumnya, Kakanwil Hukum dan HAM Riau melakukan kunjungan ke DPRD Riau. Kordias Pasaribu yang merupakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau dari Fraksi PDIP. Kordias datang bersama Wakil Ketua Komisi A. Taufik Arrahman dari Fraksi Gerindra, dua orang anggota Eddy A.M. Yatim dari Fraksi Demokrat dan Yulisman dari Fraksi Golkar  serta seorang staf. 
 
Dalam pertemuan tersebut, Komisi A menanyakan beberapa hal antara lain mengenai keberadaan imigran illegal. Kepala Divisi Keimigrasian Surya Pranata mengatakan saat ini di Riau ada 1.176 imigran illegal yang sebagian besar terdiri atas pencari suaka, dan pengungsi. 
 
Mereka tersebar di beberapa tempat penampungan dan keberadaannya di Riau dikelola oleh organisasi internasional seperti UNHCR (United Nations High Comissioner for Refugees) yang menjadi fasilitator antara imigran dengan negara yang bersedia menerima mereka serta IOM (International Organization for Migration) yang menanggung kebutuhan hidupnya selama menjadi pengungsi. 
 
"Sedangkan pihak Indonesia dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM hanya menampung untuk sementara saja," terang Surya Pranata.
 
  Menjawab permintaan anggota dewan agar orang asing tersebut diawasi dan geraknya ke tempat-tempat umum dibatasi Kakanwil menjelaskan bahwa pengawasan terhadap orang asing sudah dilakukan demikian juga dengan pembatasan gerak para imigran tersebut. (rtc)
 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan