Sport

PSSI Rohul Gelar Kursus Wasit C-3

Peserta kursus lisensi Wasit C3 di Rohul
ROHUL (MR) - Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Rohul menggelar kursus wasit C-3 di penginapan Putri Bungsu Taman Kota Pasir Pengaraian, Kamis malam, 01 Februari 2018.
 
Sebanyak 28 peserta mengikuti kursus ini. Iven inijadi yang pertama kali dilaksakanakan di Rohul. Kegiatan kursus Wasit C-3 ini akan dilaksanakan selama 4 hari kedepan. Mulai 1 Februari hingga 4 Februari 2018.
 
Kursus wasit digelar dengan tujuan untuk menjawab tuntutan organisasi PSSI dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan.  Selain itu, untuk menghasilkan wasit yang profesional di bidangnya termasuk menjalin persatuan dan kesatuan, serta perhasabatan antar sesama wasit.
 
Wasit dilatih dalam sebuah kursus berjenjang. Jenjang pertama seorang wasit yaitu mengikuti kursus C-3 seperti kursus yang di selenggarakan oleh PSSI Rohul pada 4 hari kedepan, yaitu lisensi yang harus diambil wasit pada tingkat dasar. Lisensi ini berlaku untuk memimpin pertandingan level kota atau kabupaten.
 
Lisensi selanjutnya yang harus diambil Wasit setelah memiliki lisensi C3, yaitu kursus C2 (tingkat Provinsi). Kursus ini hanya boleh diselenggarakan oleh PSSI Tingkat Provinsi. Wasit yang dinyatakan lulus dan memegang lisensi C2 berhak untuk memimpin pertandingan sepakbola tingkat provinsi, seperti Porprov, Popda, Porda atau turnamen-turnamen resmi di tingkat provinsi di mana wasit tersebut aktif.
 
Setelah memegang lisensi C2, wasit yang ingin melanjutkan jenjang karir di tingkat nasional wajib mengambil lisensi C1, yang hanya diselenggarakan oleh PSSI Pusat. Kursus wasit tingkat nasional ini juga berlangsung sekitar satu minggu dengan materi peraturan permainan dalam Bahasa Inggris.
 
Weri Dimata selaku ketua panitia kursus Wasit C-3 Askab Rohul 2018 mengatakan dalam laporannya, bahwa, dalam beberapa bulan ke depan, kita akan adakan tournamen Bupati Cup. 
 
"Oleh karna itu, ini lah momen dimana kita mempersiapkan wasit wasit yang handal kedepannya," pungkasnya. (Fa)
 
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan