Riau

Seribu CCTv Akan Terpasang di Seluruh Sudut Kota Pekanbaru

PEKANBARU (MR) - Setidaknya 1.000 kamera Closed Circuit Television (CCTv) atau kamera pemantau akan segera terpasang di hampir seluruh sudut Kota Pekanbaru.
 
1.000 kamera CCTv ini terdiri atas dua jenis. Yang pertama jenis analitik yang berfungsi untuk menampilkan gambar dan menganalisa. Sementara yang kedua jenis biasa, yang hanya bisa untuk menampilkan gambar saja.
 
Seperti yang diterangkan oleh Plt Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra, Rabu 28 Februari 2018, pemasangan 1.000 kamera pemantau ini ditargetkan akan selesai dalam kurun waktu lima tahun ke depan.
 
"Kita targetkan dalam lima tahun kedepan sudah terpasang," ujar Eka Putra.
 
Namun khusus di tahun 2018 ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru baru bisa mengusulkan pengadaan sebanyak 50 kamera CCTv saja. Eka berasalan, pengusulan 50 unit kamera CCTv baru bisa diusulkan melihat kondisi keuangan Pemko Pekanbaru saat ini.
 
"Untuk tahun ini baru bisa 50 unit saja. Sesuai dengan anggaran yang ada. Untuk jenisnya, kemungkinan yang terbanyak jenis kamera CCTv yang biasa saja," terang Eka.
 
Lantas dimana saja 1.000 CCTv tersebut akan dipasang?
 
Eka menerangkan setidaknya di setiap kelurahan nantinya akan terpasang setidaknya 10 kamera CCTv.
 
"Tidak hanya di pusat kota, kita targetkan juga akan dipasang hingga ke pemukiman warga bahkan hingga tingkat kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru," tutur Eka.
 
Untuk itu jelang pemasangan nantinya, Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru nantinya akan melakukan rapat pembahasan dengan beberapa pihak, terkait titik-titik mana saja yang akan dipasang kamera CCTv.
 
"Nanti akan kita rapatkan terlebih dahulu bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, termasuk juga dengan Polresta dan Dinas Perhubungan. Target awal pemasangan kita di pusat keramaian termasuk di persimpangan," ujar Eka. (bpc)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan