Riau

Pemko Dumai Berikan Pelatihan Perkoperasian

DUMAI (MR) - Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Dumai intens berikan pelatihan kepada pengurus dan anggota koperasi untuk pengembangan sektor perkoperasian daerah.
 
Kepala Bidang Koperasi Disperinkop UKM Dumai Wahyu Wicaksono mengatakan, pelatihan salah satu upaya pengembangan pengetahuan pengurus dan anggota agar bisa menjalankan koperasi dengan baik sesuai aturan.
 
Baru ini, Disperinkop UKM telah melaksanakan pelatihan penyusunan laporan dan neraca keuangan koperasi diikuti 40 peserta dari 20 koperasi aktif di Kota Dumai.
 
"Sasaran dari pelatihan ini pengurus dan anggota koperasi tersebar di tujuh kecamatan dumai, dan kita berharap nantinya sektor perkoperasian kita semakin baik dan berkembang," kata Wahyu kepada wartawan.
 
Melalui pelatihan ini, diharapkan koperasi di Kota Dumai semakin berkembang dan semakin baik dalam menyusun laporan dan neraca keuangan serta terus aktif.
 
Saat ini di Dumai jumlah koperasi tercatat sebanyak 272 pada tahun 2017 dan sudah dikeluarkan rekomendasi pembubaran dari Kementerian Koperasi sebanyak 87 koperasi.
 
Pada Januari 2018, jumlah koperasi di Kota Dumai sebanyak 191 setelah ditambahkan rekomendasi yang sudah ada, namun yang aktif hanya 162 koperasi.
 
Sebanyak 162 koperasi aktif dan mendapat pembinaan pemerintah melalui pelatian rutin itu, kini telah memiliki total aset mencapai Rp99,8 miliar hingga 2017.
 
Wujud pembinaan lain setiap tahun Pemerintah Dumai mengapresiasi penghargaan koperasi berdasarkan penilaian kepatuhan, kelembagaan, dan tranparansi pengelolaan.
 
Sebuah koperasi dianggap sukses menurutnya tidak saja mensejahterakan anggota, tetapi juga pengurus dan anggota aktif menggelar rapat tahunan dan berhasil menjalankan program dibuat. (MC Riau)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan