Riau

BKSDA Riau Sambangi Lokasi Serangan Harimau di Pelangiran

TEMBILAHAN (MR) - BBKSDA Riau dan PT THIP dan tim kepolisian menyambangi lokasi kejadian di Dusun Simpang Kanan Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran, Minggu (11/3/2018).

Kedatangannya ini menenangkan warga yang mengalami trauma psikis pasca serangan harimau yang menewaskan seorang warga kemarin.

Tim yang terdiri dari Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Simpang BRIGADIR Erwin, A, Ketua Tim BBKSDA Riau M Hendri dan Humas PT THIP Aidil Fitri berpesan kepada warga RT 038 Sinar Danau untuk meningkatkan kewaspadaan dalam beraktifitas, terutama di tempat-tempat yang diperkirakan jadi persembunyian harimau.

Terkait dengan konflik warga dengan binatang buas tersebut, diharapkan warga tetap tenang dan tidak mengambil tindakan di luar koridor hukum, karena harimau termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered), dan saat ini berada dalam daftar merah spesies terancam, sebagaimana yang dirilis International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) sebuah organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam.

Untuk penanganan selanjutnya, dan agar tidak terjadi lagi perjumpaan warga dengan harimau tersebut, pihak BKSDA merencanakan pemenambahan tim penanganan konflik. Tidak adanya signal telekomunikasi di daerah tersebut, menjadi kendala karena akses komunikasi dengan pihak luar sangat terhambat.

Seperti diketahui, dalam 2 bulan berselang, telah terjadi serangan mematikan dari raja rimba tersebut. Terakhir, Sabtu (10/3/2018) terhadap seorang warga Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, meninggal dunia, akibat terkaman binatang buas tersebut.***(mir)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan