Riau

Budhi: UMKM Bagian Penting dalam Membangun Perekonomian

SIAK (MR) - Asisten Pemerintahan dan Kesra SetdaKab Siak, Budhi Yuwono membuka secara resmi Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil, Senin (12/3/18) di Hotel Grand Mempura. 
 
Dalam sambutannya, Budhi mengatakan Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dalam membangun perekonomian.
 
"Karenanya UMKM dituntut untuk siap melakukan perubahan, siap bersaing dan siap ikut berperan dalam ekonomi digital (UMKM Go Online). Dengan demikian UMKM dapat dijadikan andalan untuk masa yang akan datang," ucap Budhi.
 
Dikatakannya lagi, gelombang digitalisasi sudah merambah seluruh sektor, tak terkecuali UMKM yang ada di Kabupaten Siak. Meningkatnya pemanfaatan teknologi mengakibatkan adanya pergeseran perilaku konsumen dari yang semula bertransaksi secara tunai beralih untuk bertransaksi secara digital. 
 
Namun disisi lain, UMKM juga menghadapi banyak sekali permasalahan, diantaranya terbatasnya modal kerja, sumber daya manusia yang rendah dan minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,terangnya. 
 
"Untuk mengatasi persoalan tersebut, Pemerintah Kabupaten Siak berkerjsama dengan PT. Bumi Siak Pusako melalui dana C.S.R nya melaksanakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di Kabupaten Siak dengan harapan pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan kewirausahaan dan memotivasi pengembangan usaha serta akses permodalan melalui media digital," tukasnya.
 
Ucapan terimakasih juga disampaikannya kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI, Pimpinan PT. Bumi Siak Pusako dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Siak yang telah bekerjasama memfasilitasi acara ini. (rls/hms)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan