Nasional

Harimau Sumatera dan Lemur Ramaikan Perayaan Paskah di Bali

MONITORRIAU.COM – Umat Kristiani di dunia kini masih dalam suasana Hari Raya Paskah. Perayaan Hari Paskah yang identik dengan mewarnai telur itu juga dirayakan oleh umat Kristiani di Indonesia. Namun ada yang berbeda pada perayaan Paskah di Pulau Dewata. Kebun Binatang Bali (Bali Zoo) ikut menyemarakkan perayaan Paskah bagi hewan konservasi mereka, khususnya Harimau Sumatera yang baru tiga bulan tiba di sana.

Kepala Hubungan Masyarakat Bali Zoo, Emma Chandra menjelaskan, dua Harimau Sumatera bernama Pandeka dan Sean baru berada tiga bulan di Bali Zoo. 

“Mereka hibah dari Taman Margasatwa Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat. Pandeka baru berusia 3,5 tahun sementara Sean berusia 5 tahun,” jelas Emma.

Ia melanjutkan, dilibatkannya Pandeka dan Sean dalam perayaan Paskah tahun ini sesungguhnya untuk melatih indra penciuman mereka. Ya, selama ini mereka berada di alam liar. Sementara di Bali Zoo, keperluan berburu mereka ditiadakan. Segala kebutuhan makanan disiapkan oleh Bali Zoo. Untuk itu mereka dilibatkan dalam perayaan Paskah, di mana dalam telur raksasa telah ditaruh daging sapi segar agar Harimau Sumatera itu tetap terjaga insting berburunya.

“Bali Zoo menyambut Paskah dengan mengadakan sesuatu yang unik yaitu animal egg hunt, di mana ada Harimau Sumatera dan Lemur yang berburu giant egg. Kami menyediakan beberapa telur yang diburu oleh mereka. Tujuannya di dalam telur sudah berisi daging sapi untuk merangsang indra penciuman. Kami ingin mengakifkan kembali indra penciuman dia selama dia berburu di alam,” ujar dia.

Selain Harimau Sumatera, Lemur Ekor Cincin juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Telur-telur yang sudah didesain sedemikian rupa disisipkan ke dalam makanan kesukaan mereka. Pengunjung bisa langsung  berfoto dengan Lemur yang memang dilepas di dalam areal Bali Zoo ini.

Hewan jinak ini bisa berinteraksi langsung dengan pengunjung yang menginginkannya. Hanya saja, karena hewan ini sensitif, jika disentuh dia akan melarikan diri. 

Agar bisa menikmati interaksi tersebut, caranya, biarkan mereka yang mendatangi kita. Atraksi yang baru kali pertama digelar ini sontak saja menarik minat pengunjung. Mereka beramai-ramai berfoto ria bersama Lemur. Tak sedikit juga pengunjung yang berfoto dengan latar belakang Harimau Sumatera di dalam kandang berlapis kaca tebal itu.

Seorang turis asal Australia, Vins mengaku amat senang bisa berinteraksi langsung dengan Lemur di Bali Zoo. 

“Tentu saya sangat antusias bisa berinteraksi langsung dengan hewan di sini. Ini kali pertama saya bersentuhan dengan hewan tersebut dan rasanya sungguh menyenangkan,” kata Vins. 

Senada dengan Vins, sang adik, Gramend awalnya merasa takut bersentuhan langsung dengan hewan berbulu lembut itu. 

“Tapi setelah dia naik di punggung saya dan meminta makanan, saya baru tahu kalau dia hewan yang baik. Tentu menyenangkan sekali bermain dengan mereka,” katanya.*** (viva)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan