Riau

Ayam Kampung Alami Penurunan Harga

TEMBILAHAN (MR) - Ayam kampung di Kota Tembilahan mengalami penurunan harga sebesar 29 persen yakni dari Rp 85 ribu menjadi Rp 60 ribu perkilogram.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Inhil, DR Dianto Mampanini melalui Kasi Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Ifdiarman S.Sos, Rabu (4/4/2018) kemarin.

Selain Ayam Kampung, lanjutnya, tiga barang berkategori penting lainnya juga mengalami penurunan seperti Ikan Asin Gulama Puding, Cabe Kering Keriting dan Kopra Kering.

Dirincikan, untuk Ikan Asin Gulama Puding mengalami penurunan sekitar 25 persen yakni dari harga Rp 40 ribu menjadi Rp 30 ribu perkilogram, Cabe Kering Keriting mengalami penurunan sekitar 8 persen yakni Rp 60 ribu menjadi Rp 55 ribu perkilogram dan Kopra Kering yang berpedoman dengan harga PT Pulau Sambu juga mengalami penurunan harga sekitar 6 persen yakni dari harga Rp 7 ribu menjadi Rp 6.600 perkilogram.

Tak hanya turun harga, katanya juga terdapat barang penting strategis lainnya yang mengalami kenaikan seperti Mentega Blue Band dan Bawang Putih.

Untuk Mentega Blue Band mengalami kenaikan sekitar 4 persen yakni Rp 48 ribu menjadi Rp 50 ribu perkilogram dan Bawang Putih mengalami kenaikan sekitar 20 persen yakni dari harga Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu perkilogram.

"Jadi, ada lima barang berkategori penting strategis lainnya yang mengalami pergeseran harga, ini hasil pantauan kami per 27 Maret 2018 ditingkat pengecer," kata Ifdiarman.

Meski begitu, menurutnya turun naiknya harga sejumlah barang itu tidak terlalu melonjak, masih terbilang stabil.***(mir)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan