Riau

Jalan Lintas Riau-Sumbar di Desa Kasang Kuansing Longsor

TELUKKUANTAN (MR) - Akibat tingginya curah hujan sejak beberapa hari terakhir ini di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi mengakibatkan amblasnya turap penahan tebing di ruas jalan nasional yang menghubungkarn Provinsi Riau dan Sumatra Barat tepatnya di kawasan Bukit Betabuh, desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Minggu (8/4/2018) siang. 
 
Dengan kejadian ini,  jalan lintas yang juga menjadi urat nadi penting bagi kenderaan yang melintas dijalur Lintas Tengah Sumatera bagi kenderaan dari pulau Jawa ke Sumatera dan  kota-kota di Pulau Sumatera dan sebaliknya ini terancam putus.
 
Turap jalan yang amblas sepanjang lebih kurang 100 meter  tersebut terletak pada tanjakan tertinggi diarea perbukitan Bukit Betabuh tepatnya sebelum memasuki kawasan air terjun Guruh Gemurai sebelah kanan dari arah Teluk Kuantan menuju Kiliran Jao. 
 
Jika amblas semakin parah dan jalan putus tidak ada jalan alternatif untuk melintas dikawasan ini. Karena disisi kanan merupakan jurang dan sebelah kiri perbukitan jika dari arah Teluk Kuantan ke Kiliran Jao.
 
Plt Kepala dinas PUPR Kabupaten Kuantan Singingi, Ade Fahrer ketika dikonfirmasi, Minggu sore membenarkan adanya longsor di ruas jalan nasional tersebut.
 
"Ya ada jalan amblas di kawasan Bukit Betabuh desa Kasang yang merupakan jalan nasional yang menghubungkan Riau dan Sumbar dan jalan lintas Tengah Sumatera,"ujar Ade.
 
Bagian jalan yang amblas tersebut katanya merupakan turap penahan tebing. Saat ini kondisi aspal sudah berada dibibir jurang."Kita harapkan tidak terjadi longsor susulan dan menghabiskan badan jalan. Kalau separuh saja jalan amblas akan susah dilewati, disini juga tidak ada jalan alternatif, dan terletak ditepi jurang,"kata Ade.
 
Kalau saat ini kata Ade, Kenderaan yang ingin melintas di ruas jalan tersebut masih bisa lewat namun dengan ekstra hati-hati. "Untuk sementara di lokasi kita pasang rambu-rambu peringatan bagi pengguna jalan untuk mengingatkan agar berhati-hati apalagi pada malam hari,"ujarnya.
 
Turap jalan yang amblas ini katanya juga sudah dilaporkan pada balai penanganan dan pemeliharaan jalan nasional di Padang. " Kita harapkan segera diantisipasi secepatnya,"pungkas Ade. (MCRIAU)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan