Riau

Plt. Bupati Siak H. Alfedri serahkan Zakat MAL kepada warga Koto Gasib

Penyerahakan Zakat MAL di Koto Gasib. Acara yang berlansung di Mesjid Nurul Hikmah Sri Gemilang Koto Gasib
SIAK (MR) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak melakukan penyaluran zakat kosuntif dan produktif tahap 1 (satu) tahun 2018. Penyaluran zakat kosumtif ini di serahkan secara simbolis oleh Plt. Bupati Siak H. Alfedri ke pada 45 Mustahik yang ada di Kecamatan Koto Gasib Kampung Sri Gemilang selasa (10/04/2018).
 
Plt. Bupati Siak H. Alfedri di hadapan masyarakat Kampung Sri Gemilang mengatakan, Pemkab Siak mendorong Baznas Kabupaten Siak dalam upaya melakukan pencapaian target pengumpulan zakat pada setiap tahunnya. 
 
Hasilnya Baznas Kabupaten Siak saat ini berhasil membentuk UPZ di setiap sumber sumber yang diangap berpotensi menghasilkan dana zakat dari umat muslim. Salah satunya Baznas Kabupaten Siak telah membentuk UPZ Gabungan Kelompok tani (gapoktan) di Kecamatan Bungaraya.
 
“Kita mengapresiasi Banznas Kabupaten Siak yang telah membentuk UPZ Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Bunga Raya di setiap Kampung, Masyarakat kita di Bunga Raya saat ini tidak ragu lagi untuk mengeluarkan zakat pertaniannya, mereka setiap musim panen tiba langsung mengeluarkan zakatnya sebesar 5 % dari total hasil panennya. Alhamdulillah saat ini potensi zakat dari hasil pertanian di Bunga Raya sudah berjalan, langkah baik ini patut di contoh oleh kecamatan lain,” terang Alfedri.
 
Alfedri menjelaskan, potensi zakat di Kabupaten Siak ini cukub besar jika di Bunga Raya dari hitungan Baznas Kabupaten Siak potensi zakat pertanian dari total luas sawah 2.450 hektar pertahun zakatnya mencapai 4 hingga 5 milyar, apa lagi zakat kebunan sawit. 
 
Saat ini potensi zakat dari hasil perkebunan sawit di Kabupaten Siak belum di kelola secara maksimal sehingga dari sektor pendapatan zakatnya masih kecil. Selaku pemimpin dirinya selalu mengingatkan masyarakat untuk membayar zakat. Banyar zakat ini merupakan kewajiban umat yang di perintahkan oleh ALLAH, Taallah yang cukub banyak ayat di dalam Al-Qur’an menerangkan tentang menunaikan zakat.
 
“Kita mengahapkan daerah kebun sawit atau ekstra kebun yang memiliki koprasi sawit agar di bentuk Unit Pengelola Zakatnya, sehingga dari hasil panen para petani langsung di keluarkan zakatnya. Kita tidak usah kuatir dengan zakat yang kita keluarkan hilang, seluruh dana zakat dikelola oleh lembaga Baznas yang dana terebut berasal dari umat dan akan kita kembalikan lagi bagi kepentingan umat. Tentunya melalui program yang telah di buat oleh Baznas Kabupaten Siak,”pungkas Alfedri.
 
Sementara itu Wakil Ketua 1 Baznas Kabupaten Siak Samparis Bin Tatan mengungkapkan, Penyaluran zakat produktif dan kosuntif ini merupakan tahap pertama tahun 2018. Untuk Kecamatan Koto Gasib zakat kosuntif yang akan di salurkan saat ini berupa beras dan paket sembako yang di peruntukan bagi 45 Mustahik yang akan menerimanya. 
 
Sedangkan untuk zakat produktif akan di berikan perindifidu dengan catatan masyarakat harus melampirkan proposal terlebih dahulu. Yang tujuannya pendistribusan zakat nantinya tepat sasaran.
 
“Kita akan menyalurkan zakat kosumtif bagi 45 Mustahik yang ada di Kecamatan Koto Gasib, zakat teresebut berupa beras 10 kilo dan paket sembako, harapan kita penyaluran zakat produktif ini dapat bermanfaaat bagi barga yang bebar-benar membutuhkan,” terang Samparis.
 
Samparis menjelaskan, Penyaluran zakat MAL kepada masyarakat saat ini, hasil dari pengumulan zakat yang dilakukan oleh UPZ Kecamatan Koto Gasib. Dengan rincian pola kosumtif berjumlah 45 Mustahik dengan jumlah dana yang di keluarkan Rp.31.500 sedangkan pola usaha Produktif di salurkan perorang berjumlah 19 Mustahik dengan jumlah dana Rp. 61 Juta dengan total dana yang di salurkan berjumlah Rp.94,490 Juta. 
 
Untuk serapan dana dari zakat di kecamatan Koto Gasib sangat kecil, berharapnya agar pengolaan dana zakat bertambah, hendaknya UPZ Kecamatan Koto Gasib terlus melakukan sosialisasi kepada umat muslim dan dapat berkerjasama dengan UPZ yang ada di Kampung kampung. (rls/hms)
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan