FESTIVAL MANCING SI JEPUT BIRU

Ratusan Pemancing Buru Udang Galah di Parit 21 Tembilahan

Tampak sejumlah peserta fokus mengikuti Festival tersebut. Foto: Mirwan

TEMBILAHAN (MR) - Komunitas Pemburu Si Jepit Biru Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Festival Mancing Udang Galah di Parit 21 Tembilahan, Kamis (10/5/2018).

Kegiatan tersebut diikuti hampir 500 peserta dari berbagai daerah yang bertemakan Dengan Menjaga Silaturrahmi Antara Pemancing untuk Menjaga Leraiaran Inhil.

Ketua Komunitas Pemburu Si Jepit Biru Kabupaten Inhil, Defri Ghipari Anwar mengatakan bahwa terlaksananya kegiatan ini berawal dari gagasan kawan-kawan yang sama-sama hobby memancing.

Dan ini katanya didukung penuh oleh para pemancing hingga dari berbagai pihak lain. Yang lebih menarik lagi, Komunitas sosial tersebut ikut menjaga kelestarian udang.

"Kami para pemancing yang hobby tidak akan melakukan meracun, yang ada kami prihatin adanya tindakan itu dengan berbagai macam cara menangkap menyalahi aturan yang ada," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Komunitas Pemburu Si Jepit Biru Kabupaten Inhil, Said Aniel Osman menambahkan bahwa ratusan peserta itu datang dari berbagai daerah, selain Kabupaten Inhil, juga diikuti 3 Kabupaten lainnya yakni Inhu, Pelalawan dan Kampar.

"Kegiatan ini dilaksanakan karena perairan Inhil darurat 1 dari bahaya meracun. Untuk itu, kami mengambil inisiatif sebagai Iven tahunan yang memotori pergerakan sosial independen yang peduli terhadap komuniti udang galah dan ikan di perairan Inhil," paparnya.

Sesungguhnya kata Aniel, potensi di perairan Inhil ini sangat luar biasa jika seluruh masyarakat bergerak bersama-sama dengan Pemkab Inhil menjaga perairan tersebut.

"Kami yakin bahwa komuniti udang dan ikan di perairan Inhil akan mampu memperkenalkan Inhil di kancah mata nasional. Apalagi hal tersebut dirasakan oleh setiap pemancing yang pernah memancing di perairan Inhil," pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui, bagi para pemenang nantinya, untuk juara I akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2 juta, juara II Rp 1,5 juta dan juara III Rp 1 juta.***(mir)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan