Nasional

Ini Penjelasan Mensesneg, Prihal Menteri Arcandra Masuk ke Indonesia

Menteri ESDM Arcandra Tahar (detikcom)

"Jadi sekali lagi kami tegaskan bahwa beliau adalah pemegang paspor Indonesia. Saya kira itu saja nanti ditanyakan ke otoritas yang bisa menjelaskan," lanjut Pratikno. 

Baik Mensesneg maupun Jokowi tidak memberikan sesi tanya jawab untuk awak media. Pihak istana juga tidak memberikan penjelasan soal apakah Arcandra juga memegang paspor Amerika Serikat selain paspor RI yang dipakai untuk masuk ke Indonesia. 

Isu yang berhembus menyebutkan, Arcandra memiliki paspor AS sejak Maret 2012. Indonesia tidak menganut paham dwi kewarganegaraan. Artinya, bila seseorang memiliki kewarganegeraan dan atau paspor negara lain, maka statusnya sebagai WNI akan gagal.

Arcandra menyatakan dia masih WNI. Ketika ditanya mengenai apakah dia juga memegang paspor AS, dia menyatakan proses-proses di negara tersebut sudah dikembalikan.

"Saya masih memegang paspor Indonesia. Proses-proses yang berkaitan di sana sudah saya kembalikan semua. Itu sudah dikembalikan. Silakan tanyakan yang ke berwenang. Saya masih WN Indonesia. Silakan cek paspor saya," ujar Arcandra pagi ini.*** (detik.com)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan