Riau

Pembenahan Fasilitas Menjelang Arus Mudik

DUMAI (MR) - Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai bersiap mengantisipasi arus mudik lebaran 2018 dengan membenahi ponton dermaga, terminal penumpang dan drainase untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi pemudik.
 
Manager Teknik Pelindo I Dumai Tengku Saldi mengatakan, di Dumai, Kamis, untuk perbaikan dua ponton mengalami kondisi tidak memadai sudah diusulkan ponton ukuran 10x 20 meter, namun hanya disetujui ukuran 4x8 meter.
 
"Penambahan besar ponton harus mendapat persetujuan manajemen, tapi perbaikan tetap dilakukan untuk menghadapi arus mudik lebaran," kata Saldi dalam rapat angkutan lebaran 2018 di ruang media center Pemkot Dumai.
 
Dikatakan, agar perbaikan ponton di dermaga pelabuhan penumpang Pelindo dapat dilakukan, disarankan ada surat ke direksi, supaya dapat disampaikan ke manajemen pusat.
 
Pelindo I Cabang Dumai juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempersiapkan posko pengamanan di terminal penumpang dan menata parkir pengantar dan angkutan umum serta sepeda motor.
 
Terkait kondisi ponton untuk lokasi berlabuh kapal tidak memadai ini dikeluhkan sejumlah pengelola kapal angkutan penumpang laut karena tidak mampu untuk menampung arus mudik jelang lebaran nanti.
 
 "Karena kondisi pontonnya kecil dan dikuatirkan tidak bisa menampung penumpang mudik pemudik nantinya," kata Pengelola Kapal Dumai Express Ayong.
 
Menurut dia, kondisi ini makin tidak optimal dengan kondisi ponton yang dalam perbaikan, dan membuat penumpang mesti bergantian turun dari kapal menuju terminal penumpang, sehingga diharapkan ada perbaikan.
 
Dalam rapat persiapan angkutan lebaran, dibahas juga kondisi keamanan di Terminal Penumpang Pelindo Dumai karena diperkirakan bakal dibanjiri arus kedatangan pemudik dalam negeri dari Batam dan luar negeri seperti Malaka, Port Dickson dan Port Klang.
 
Sementara itu, Dinas Perhubungan Dumai dalam menghadapi arus mudik lebaran akan menyiapkan lima posko angkutan, terdiri satu posko sekretariat di Kantor Dishub Dumai Jalan HR Subrantas, posko angkutan darat di Pelabuhan Roro Dumai-Rupat, posko angkutan laut di Terminal Pelabuhan Penumpang dan Posko angkutan udara di Bandar Pinang Kampai.
 
Kepala Dinas Perhubungan Dumai Asnar menegaskan agar para pengelola angkutan penumpang patuh pada batas atas dan batas bawah tarif selama mudik agar tidak memberatkan pemudik.
 
 "Untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran, kita membuka lima posko lebaran," kata Asnar.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan