Riau

AVSEC Bandara SSK Mengamankan 31,3 Kg Kulit Ular dan Biawak

PEKANBARU (MR) - Petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menyita 31,3 kulit satwa dilindungi, Jumat (1/6/2018). Barang itu masuk ke kargo bandara dengan modus pengiriman kain.
 
Executive General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jaya Tahoma Sirait, mengatakan, kiriman yang disita berisi kulit ular dan biawak. Hal itu diketahui saat petugas melakukan pemeriksaan kargo pada pukul 12.10 WIB.
 
Dijelaskan Jaya, saat pemeriksaan petugas menemukan barang kiriman di kargo yang tidak sesuai dengan pemberitahuan tentang isi/PTI berupa kulit hewan dengan Nomor SMU 888-2159-9911. Di surat pengiriman tertulis kalau kiriman berisi kain.
 
Namun, petugas Avsec operator XRAY mencurigai adanya tampilan layar monitor salah satu kiriman barang dari sekian banyak barang yang diperiksa milik expedisi  J&T dengan tujuan Jakarta via Citilink. Lalu dilakukan pemeriksaan secara manual.
 
Hasil pemeriksaan, didapati barang yang dicurigai itu ternyata berupa tumpukan kulit ular dan kulit biawak sebanyak dua koli. Total  berat 31,3 Kg.
 
Jaya mengatakan barang itu dikirim melalui maskapai Citilink dengan nomor penerbangan QG 937/ CGK tujuan Jakarta. Petugas lalu berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. 
 
"Danton onduty Avsec berkoordinasi dengan BBKSDA. Selanjutnya dilakukan serah terimakan dengan pihak BBKSDA untuk bisa ditindaklanjuti," ungkap Jaya.
 
Sementara Kabag Teknis BBKSDA Riau, Harsono, menyatakan, pihaknya masih menindaklanjuti asal usul pengiriman barang tersebut. Termasuk penerima barang di Jakarta.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan