Nasional

Sempena HAKTEKNAS, Kemenristekdikti Selenggarakan Anugerah Iptek Tahun 2018

JAKARTA (MR) - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) diperingati sebagai tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang ditandai dengan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa tersebut menjadi bukti kemampuan bangsa Indonesia saat itu dalam menghasilkan inovasi.
 
Sejalan dengan upaya percepatan inovasi dalam mendukung pencapaian daya saing bangsa, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2018 ini akan menyelenggarakan penganugerahan bagi karya inovasi nasional yang memenuhi kriteria penilaian yang telah ditetapkan. 
 
Sekaligus, kegiatan ini merupakan rangkaian momentum dalam memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2018 yang akan dilaksanakan di kota Pekanbaru pada tangga 10 Agustus 2018 dengan Tema "Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi” dan Sub-tema “Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0".
 
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan memberikan Anugerah Iptek tersebut pada acara puncak Harteknas di hadapan Presiden RI dan undangan. Penyelenggaraan Anugerah Iptek tahun 2018 ini bertujuan antar lain adalah mendorong peningkatan kemampuan Iptek, yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia.
 
Disamping itu membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersil, ekonomi dan atau sosial-budaya secara berkelanjutan.
 
Selanjutnya memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi seperti individu, organisasi, lembaga, agar dapat terpacu dalam mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah, baik sebagai individu maupun melalui kemitraan dan kerjasama antar unsur inovasi.
 
Terdapat delapan kategori Anugerah Iptek Tahun 2018 yang rencana akan diberikan yaitu antara lain Anugerah Budhipura, untuk mengapresiasi prestasi pemerintah daerah provinsi atas penguatan Sistem Inovasi Daerah.
 
Kedua, Anugerah Budhipraja, untuk mengapresiasi prestasi pemerintah daerah kabupaten/kota dalam penguatan Sistem Inovasi Daerah.
 
Ketiga, Anugerah Widyapadhi, untuk mengapresiasi prestasi perguruan tinggi dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.
 
Keempat, Anugerah Prayoga Sala, untuk mengapresiasi prestasi lembaga pemerintah non kementerian, pusat unggulan Iptek dan lembaga penelitian dan pengembangan dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.
 
Kelima, Anugerah Abyudaya, untuk mengapresiasi prestasi industri dalam pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan dan membangun Ssstem inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.
 
Keenam, Anugerah Adibrata, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat ilmiah dalam menghasilkan produk inovasi.
 
Ketujuh, Anugerah Labdha Kretya, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat umum dalam menghasilkan produk inovasi.
 
Kedelapan, Anugerah Widya Kridha, untuk mengapresiasi prestasi lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dukungannya dalam mendorong penguatan sistem inovasi.
 
Sehubungan dengan hal tersebut Kementerian Ristekdikti melalui Direktorat jenderal Penguatan Inovasi telah melaksanakan sosialisasi kegiatan Anugerah Iptek Tahun 2018 terutama untuk kategori Budhipura dan Budhipraja (pemerintah daerah).
 
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2018 bertempat di ruang rapat Lantai 24 Gedung 2 BPPT Jalan M.H. Thamrin Nomor 8 Jakarta Pusat.
 
Jumlah peserta lebih kurang sebanyak 60  orang yang terdiri dari Bappeda dan Balitbanda se-Indonesia. 
 
Acara Sosialisasi dibuka oleh Dirjen Penguatan Inovasi Dr.Ir. Jumain Appe, M.Si,
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menstimulasi iklim kondusif penelitian dan pengembangan dan penguatan inovasi nasional, hingga pada akhirnya dapat berkontribusi pada penciptaan daya saing dan kemandirian bangsa Indonesia.
 
Pendaftaran Anugerah Iptek untuk kategori pemerintah provinsi, pemerintah kota/kabupaten, dan perguruan tinggi dibuka secara online sejak tanggal 30 Mei 2018 – 12 Juli 2018 yang dapat di akses pada situs anugerahiptek.ristekdikti.go.id.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan