Riau

Dispenser Jaringan Pipa SPBU Bocor, Masyarakat Berebut Menampung Minyak

PEKANBARU (MR) - Ratusan masyarakat Kelurahan Limbungan Baru, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru terutama yang tinggal di jalan HM Nur, Jumat (15/6/2018), siang berebut mengambil Bahan Bakar Minyak (BBM) dari SPBU jalan Sembilang, yang keluar dari selokan pembuangan air.
 
Kejadian ini terjadi akibat dispenser jaringan pipa di mesin pengisian BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) bocor, dan minyaknya mengalir ke pembuangan air. Diperkirakan sekitar 5.000 liter BBM jenis Premium terbuang dan sebagian diambil oleh masyarakat.
 
Salah seorang petugas SPBU jalan Sembilang, Siska, mengatakan, kejadiannya terjadi setelah Jumat. Dan warga di sekitar yang melihat adanya minyak keluar dari pembuangan air SPBU, langsung mengambil minyak yang tumpah tersebut.
 
“Kejadiannya cepat kali, awalnya kami tidak tahu, warga sudah menumpuk mengambil minyak yang tumpah. Ada yang bawa ember, dan jerigen. Tahunya setelah ada warga yang memberi tahu warga berebut mengambil minyak,” kata Siska.
 
“Setelah dilihat, barulah petugas SPBU langsung mengambil langkah cepat, menutup saluran pipa yang bocor. Itu sekarang masih diperbaiki,” tambahnya.
 
Sementara itu, salah seorang warga di jalan HM Nor, mengatakan, awalnya warga tidak tahu kalau itu minyak dari SPBU. Namun karena curiga yang keluar tersebut minyak, barulah warga berinisiatif untuk menampungnya.
 
“Yah dari pada terbuang, lebih baik diambil warga yang ada di sekitar sini. Ada juga yang dari luar. Berebut mengambil minyak yang tumpah. Ada yang penuh ember dan jerigennya, ribuan liter tu yang terbuang,” kata Dedi.
 
Sementara itu, dari pantauan di lapangan tampak petugas dari SPBU sedang memperbaiki tangki minyak yang bocor, telat berada di samping jalan Sembilang, Rumbai. Aparat kepolisian pun diturunkan untuk mengamankan. Begitu juga dengan mobil pemadam kebakaran untuk mengantisipasi Kejadian yang tidak diinginkan.
 
Sedangkan saluran pembuang air, yang mengaliri minyak tersebut telah ditutup dan dipolisline.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan