Riau

Panwaslu Dumai : Lengkapi Surat Suara Yang Kurang dan Rusak

Ilustrasi, Net
DUMAI (MR) - Panitia Pengawas Pemilu Kota Dumai meminta Komisi Pemilihan Umum setempat melengkapi kekurangan 474 lembar surat suara dan 440 yang rusak sebelum dimulai Pemilihan Gubernur Riau 2018.
 
Divisi Pengawasan Panwas Kota Dumai Agustri mengatakan, hasil pemantauan saat pelipatan surat suara, ditemukan 440 lembar mengalami kerusakan, dan kurang 474 surat dari jumlah seharusnya diterima Dumai sebanyak 175.918 lembar.
 
"Mengingat pelaksanaan Pilgub Riau sudah dekat, kekurangan surat suara agar segera dilengkapi dan dicetak kembali," kata Agustri di Dumai, Selasa.
 
Panwas memastikan pelaksanaan pelipatan surat suara pemilihan kepala daerah 2018 oleh KPU telah berjalan baik dan mendapat pengawasan petugas dan dikawal anggota kepolisian.
 
Berdasarkan hasil pelipatan, total surat suara yang masih dibutuhkan untuk penyelenggaraan Pilgub Riau di Kota Dumai pada 27 Juni 2018 dan harus dikirim oleh KPU  sebanyak 914 lembar.
 
Surat suara yang sampai ke Dumai hanya 175.444 lembar, sedangkan kebutuhan berdasarkan jumlah pemilih tetap ditambah cadangan 2,5 persen di setiap tempat pemungutan suara yaitu 175.918 lembar.
 
"KPU harus mengirim lagi 914 lembar surat suara, dan kita berharap pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Dumai berjalan lancar tanpa kendala," sebutnya.
 
Sebelumnya, Divisi Logistik KPU Dumai Kurnia Ningsih menyatakan, pelipatan surat suara sudah selesai, dan akan didistribusikan ke panitia pemungutan kecamatan/kelurahan pada 25 Juni 2018.
 
Kertas suara kemudian disortir oleh Sekretariat KPU Dumai dan petugas pemilihan kecamatan/kelurahan, selanjutnya dibuatkan berita acara untuk disalurkan ke 515 tempat pemungutan suara.
 
"Logistik kita salurkan ke kecamatan sebelum ke TPS, tapi setelah dilaksanakan pleno," katanya pada Antara, Senin (18/6).
 
Pilgub Riau 2018 diikuti empat pasangan calon, Syamsuar-Edi Natar nomor urut 1, Lukman Edy-Hardiyanto nomor urut 2, Firdaus-Rusli Ahmad nomor urut 3, dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno nomor urut 4. 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan