Pendidikan

Tahun Ini, SMP Negeri 14 Dumai Terima 224 Siswa

DUMAI (MR) - Senin (25/6/2018) penerimaan siswa baru tingkat SMP sederajat dimulai. Tak ayal sekolah-sekolah favorit di Kota Dumai jadi sasaran siswa yang ingin melanjutkan pendidikan.
 
SMP Negeri 14 yang terletak di Jalan Budi, Kelurahan Tanjung Palas merupakan salah satu SMP Negeri favorit terlihat diserbu pendaftar Senin (25/6/2018) pagi.
 
Terlihat orang tua siswa sibuk mengurus pendaftaran anak-anak mereka. SMPN 14 membuka pendaftaran dari tanggal 25-28 juni 2018. 
 
"Untuk penerimaan tahun ini SMP ini menerima sebanyak 224 siswa yang dibagi menjadi 7 lokal," kata Wiyono selaku ketua panitia penerimaan siswa baru di SMPN 14.
 
Untuk tes penerimaan ini sendiri SMPN 14 menerapkan sistem online. Selain itu  penerimaan siswa juga dibagi menjadi 5 jalur yaitu jalur zonasi, prestasi, kurang mampu, lintas zonasi dan luar daerah.
 
Untuk jalur zonasi dibagi menjadi tiga zona yaitu Tanjung Palas, Jayamukti dan Bukit Batrem. Untuk jalur prestasi minimal siswa pernah ikut kontes olimpiade atau olahraga di tingkat kota dan dibuktikan dengan sertifikat.
 
"Untuk siswa kurang mampu, siswa dapat mendaftar dengan menunjukkan tiga kartu yang kartu tersebut berupa kartu indonesia pintar (KIP), kartu indonesia sejahteta (KIS) dan kartu keluarga harapan," jelasnya lagi.
 
Sedangkan untuk surat rekomendasi wiyono selaku ketua panitia menjelaskan SMPN 14 tidak menerimanya karena di khawatirkan yang memegang surat tersebut tidak sesuai.
 
Sedangkan persyaratan khusus juga disampaikan agar peserta pendaftar bisa membawa Kartu Keluarga yang asli dan foto copy. Hal ini di lakukan sebagai perbandingan saja agar bisa dilihat benar tidaknya surat KK yang difoto copy dengan yang asli.
 
Namun wiyono juga sampaikan sekolah tidak pernah memperlakukan para peserta dengan perlakuan khusus karna lulus tidaknya peserta itu di lakukan dan di seleksi oleh sistem.
 
"Tidak ada perekomendasian oleh sekolah untuk peserta yang mendaftar itu semua dilakukan oleh sistem, karna kita lakukan tes secara online," tutupnya. (Didin)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan