Ekonomi

Harga Getah Karet dan Sawit di Pulau Bengkalis Anjlok

BENGKALIS (MR) - Pasca lebaran sejumlah komoditi hasil petani di Pulau Bengkalis mengalami penurunan yang cukup signifikan. Seperti harga karet sekitar seribuan dan tandan buah segar (TBS) sawit dibandingkan sebelum hari raya beberapa waktu lalu. 
 
Penurunan harga getah karet diungkapkan Sri, petani karet asal Desa Jangkang, Kecamatan Bantan. Pasca lebaran ini harga getah karet sampai ke pengepul menurutnya berkisar Rp6 ribuan untuk perkilogramnya. Dibandingkan sebelum lebaran harga karet mencapai Rp7 ribu lebih perkilogramnya. 
 
"Kalau sebelum lebaran bisa dijual Rp7 ribu lebih, sekarang yang sudah direndam saja informasinya hanya sekitar Rp6 ribuan," ujarnya kepada wartawan di Bengkalis, Rabu (4/7/18). 
 
Sementara itu, penurunan harga selain komoditi getah karet juga terjadi terhadap TBS. Untuk buah ini, petani di Pulau Bengkalis untuk perkilogramnya hanya dihargai sekitar Rp600 saja. Dibandingkan dengan harga sebelum lebaran mencapai Rp800-Rp900 perkilogramnya. 
 
"Sekarang turun dari sebelumnya, kisaran Rp600 perkilo, harga itu harus dipotong ke pekerja lagi," ungkap salah seorang pemilik kebun sawit di Desa Deluk, Kecamatan Bantan, Suji.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan