Riau

Syahbandar Dumai Ingatkan Prosedur Pemakaian Jaket Pelampung

Ilustrasi, (Google)
DUMAI  (MR) - Petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Klas I Dumai ingatkan operator kapal penyeberangan Roro agar memperagakan cara pemakaian jaket pelampung pada penumpang demi keselamatan dalam berlayar.
 
"Operator kapal diingatkan juga agar memisahkan jaket pelampung untuk anak dan dewasa, dan keberangkatan kapal akan ditunda jika standar dan alat keselamatan belum dipenuhi," kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan, di Dumai, Jumat.
 
Dalam pemeriksaan sarana dan alat keselamatan di atas kapal Roro, syahbandar juga mendapati beberapa penumpang tidak mengantongi tiket dengan alasan tertinggal di kendaraan, dan diminta untuk menjemput kembali.
 
Dikatakan, pemeriksaan di atas kapal penyeberangan Roro Dumai-Tanjung Medang Kecamatan Rupat Bengkalis untuk mengantisipasi insiden laut, dan memastikan sebelum berlayar kapal sudah memenuhi standar keselamatan.
 
Kegiatan pengecekan kapal Roro atas arahan pimpinan ini dilakukan bersama Marine Inspector dan Kepolisian setempat juga menegaskan kapten dan kru kapal wajib menjaga keselamatan penumpang.
 
 "Ini merupakan arahan dari pimpinan agar petugas naik ke atas kapal memeriksa semua standar dan alat keselamatan yang harus terpehuhi," sebutnya.
 
Menurutnya, pelayanan kapal Roro adalah penyeberangan menyangkut kepentingan banyak orang karena mengangkut kendaraan, sehingga harus diperhatikan fasilitas pendukung.
 
Operator kapal roro harus perhatikan tali lasing kapal, agar jangan kendor dan lapuk, juga tidak takut jika ada oknum memaksakan diri melanggar aturan berangkat melebihi kapasitas.
 
Sementara, Kepala KSOP Klas I Dumai Sanggam Marihot mengaku sudah intruksikan petugas marine untuk mengecek kesiapan alat keselamatan diatas kapal penyeberangan Roro sesuai arahan Menteri Perhubungan RI.
 
Pemeriksaan ini untuk mengantisipasi kecelakaan kapal di perairan dengan pengawas syahbandar melakukan pengecekan keselamatan aktivitas pelayaran di wilayah masing masing.
 
 "Sudah diarahkan agar dilakukan pemeriksaan alat alat keselamatan yang ada di atas kapal roro, dan petugas ksop dumai dan marine inspector langsung aksi melakukan pemeriksaan," kata Sanggam. 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan