Religi

Bukit dan Gunung Termasyhur di Kota Mekah

Umat Muslim ziarah ke Gua Hira dan Jabal Nur.
MONITORRIAU.COM – Selain masjid, sejumlah gunung dan bukit di Kota Mekah juga menyimpan banyak kenangan sejarah bagi perkembangan Islam. Banyak jemaah dari seluruh dunia yang mengunjungi gunung maupun bukit saat musim haji.
 
Bukit Safa dan Marwah merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi. Jemaah haji dan umrah dipastikan akan menjalani prosesi di tempat ini untuk menyempurnakan ibadah mereka.
 
Bukit Safa dan Marwah ada di dekat Masjidil Haram atau di jantung Kota Mekah. Dua bukit ini dijadikan tempat untuk melaksanakan Sa’i dalam rangkaian ibadah haji dan umrah. Tempat ini menjadi salah satu tempat mustajab ketika berdoa.
 
Berikut adalah gunung dan bukit yang termasyhur lain yang namanya tercatat dalam sejarah Islam:
 
1. Jabbal Nur dan Gua Hira
Jabbal Nur berada sekitar 6 kilometer di sebelah utara Masjidil Haram. Di puncak gunung ini juga terdapat Gua Hira yang menjadi tempat Rasulullah menerima wahyu yang pertama yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5.
Agar dapat mendakinya, memerlukan waktu sekitar 1 jam. Tapi pada musim haji, dibutuhkan waktu yang lebih lama karena antrean di jalan saat menuju tempat ini.
 
2. Jabbal Tsur
Jabbal Tsur berada di sebelah selatan Masjidil Haram yang jarakan sekitar 6 kilometer. Gunung ini memiliki nilai sejarah yang cukup penting dalam sejarah Islam.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan