Ekonomi

Pertamina Akan Cari Partner Untuk Kelola Blok Rokan

MONITORRIAU.COM - PT Pertamina (Persero) akan mencari mitra untuk mengelola Blok Rokan pasca 2021. Langkah ini dilakukan perusahaan induk holding minyak dan gas BUMN tersebut untuk menutupi kebutuhan dana investasi dan risiko pengelolaan.
 
Plt Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan peluang pencarian mitra kerja di Blok Rokan sangat terbuka karena bisnis di hulu berisiko kegagalan eksplorasi ataupun eksploitasi yang tinggi. Pertamina harus pertahankan produksi dan mencari sumur baru menggunakan teknologi pengurasan minyak atau EOR.
 
“Untuk partner kami sangat terbuka. Untuk pakai EOR di sumur-sumur Pertamina, karena itu kita cari partner untuk mitigasi technology risk-nya,” kata Nicke dalam diskusi FMB 9 “Menjaga Ketersediaan Migas” di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (1/8/2018).
 
Untuk mitigasi dari sisi pendanaan, Nicke mengaku sudah banyak perusahaan lain yang tertarik. Sebab biaya untuk mengelola Blok Rokan sangat besar. Dia menyebut nilainya mencapai sekitar Rp70 triliun.
 
“Mitigasi risiko pendanaan, terbuka juga peluangnya. Ini banyak pihak yang berminat. Peluang untuk melakukan partnership terbuka, untuk dua mitigasi risiko itu,” jelasnya.
 
Pendanaan cukup besar dibutuhkan agar bisa melakukan eksplorasi sumur-sumur baru di dalam Blok Rokan. Setidaknya, ada 7.000 titik baru yang akan dicari di Blok Rokan, selain Lapangan Minas dan Lapangan Duri yang sudah lama dieksploitasi hampir 50 tahun oleh PT Chevron Paicific Indonesia. 
 
“Kalau mau nambah produksi lagi, kita pakai EOR. Lalu ada 7.000 titik eksplorasi. Ini akan pelajari (cari partner) sampai akhir 2020. Apakah mitigas ini harus kita lalukan sendiri atau sharing dengan partner yang proven,” lanjutnya.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan