Riau

Terapkan Aplikasi Android Untuk Pelayanan Masyarakat, Desa Di Siak Ini Jadi yang Terbaik

Logo Siak
SIAK (MR) - Penghulu Kampung Dayun, Nasya Nugrik sangat gembira kampungnya keluar sebagai kampung terbaik di provinsi Riau. Pengumuman tersebut sudah disampaikan pihak provinsi pada Senin (6/8/2018) kemarin.
 
Menurut Nugrik, hasil penilaian tim lomba desa/kelurahan provinsi tersebut bukanlah target utama. Namun, ia hanya berupaya menciptakan inovasi dengan memanfaatkan perlengkapan pribadi masyarakat. Seperti pelayanan berbasis aplikasi android.
 
"Alhamdulillah kita bisa juara pertama, ini berkat kerja keras seluruh masyarakat dan perangkat desa," kata Nugrik, Selasa (7/8/2018).
 
Sebelumnya di hadapan tim juri, pria kelahiran 26 November 1987 itu memaparkan sejumlah inovasi yang telah dirintisnya setahun belakangan. Seperti, SIMADE (Sistem Informasi Manajemen Desa) Dayun, yakni pelayanan masyarakat melalui aplikasi android.
 
"Dengan Simade masyarakat dimudahkan dalam pengurusan administrasi surat, dokumen kependudukan dan catatan sipil," jelas Nasya Nugrik.
 
Selain itu, lanjut dia, ada teknologi tepat guna berupa tong sampah komposter. Yakni tong sampah pengolah limbah rumahtangga yang bisa dijadikan pupuk. Produksi pupuk tersebut semakin banyak dan semakin dapat dimanfaatkan masyarakat.
 
Tidak hanya itu, banyak warga di Kampung Dayun membudidayakan buah semangka. Bahkan semangka sudah menjadi produk unggulan lokal. Saat ini juga sudah ada produk turunannya, jelly semangka. Bahkan, jelly semangka juga sudah dapat dijual sampai ke luar daerah.
 
"Kami juga komitmen menjaga Taman Nasional Zamrud sebagai tempat wisata edukasi bagi para peneliti, baik di dalam maupun luar negeri," kata dia.
 
Selain itu, alumnus Universitas Riau ini memang memiliki segudang inovasi dalam memimpin. Ikhlas dalam bekerja dan tulus dalam melayani itulah motto kerjanya.
 
Bupati Siak Syamsuar juga mengaku bangga terhadap Nugrik. Ia mengucapkan selamat untuk Penghulu Dayun dan Camat Dayun atas prestasinya tersebut. Bahkan harus menjadi motivasi bagi kampung lainnya.l
 
"Selamat untuk Kampung Dayun sebagai desa terbaik se Riau, terimakasih Pak Penghulu, dan Kadis PMK," ucap Syamsuar.
 
Informasi yang dihimpun Tribun, hadiah lomba desa/kelurahan tingkat provinsi Riau tersebut akan diserahkan usai upacara Hari Ulang Tahun Prov Riau di halaman Kantor Gubernur.
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan