Nasional

Kampung Adat Gurusina di Flores Hangus

Kampung Adat Guru Sina di Kabupaten Ngada, Flores, terbakar total, 13 Agustus 2018. (dok. Nury Sybli)
JAKARTA (MR) - Kampung adat Gurusina yang terletak di Desa Watumanu, Kecamatan Jerebu, Kabupaten Ngada, Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar, Senin (13/8) petang.
 
"Mulai terbakar sekitar pukul 4 sore. Padam saat malam karena semua bangunan sudah hangus jadi abu. Hanya tersisa enam bangunan dari 33 bangunan rumah di kampung adat itu. Rumah yang enggak terbakar itu karena jaraknya memang agak lebih jauh," ujar Nury Sybli, aktivis rumah baca Akar yang mengetahui peristiwa kebakaran tersebut, Selasa (14/8) pagi.
 
"Pagi ini warga lagi berkumpul untuk bermusyawarah untuk meninggalkan kampung, prinsipnya mengungsi, dan melakukan ritual zezo api yaitu upacara tolak bala menghindari hal-hal buruk datang kembali," sambungnya.
 
Nury yang juga pendiri Rumah Baca Akar itu mengatakan ritual zezo api yang dilakukan warga adat di sana berbeda dengan zaman dulu.
 
"Sebelumnya, kalau dulu dilakukan mencari sumber api dari mana, kemudian saat ditahu berasal dari rumah yang mana maka pelakunya diusir. Tapi kalau sekarang tidak, dimaafkan," ujar Nury.
 
Sementara itu, dikutip dari Antara, seorang warga Desa Watumanu Feri Lado mengatakan kobaran api dengan cepat menghanguskan perumahan di kampung Gurusina yang seluruhnya berdinding kayu dan beratap alang-alang.
 
"Dari 33 rumah adat, hanya enam rumah adat yang dihuni dengan satu rumah baca yang bisa kami selamatkan," 
 
Ia mengatakan, kobaran api baru berhasil dipadamkan sekitar Pukul 19.30 Wita oleh para petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan dari Bajawa ibu kota Kabupaten Ngada yang berjarak sekitar 15 kilometer dari lokasi kebakaran.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan