Riau

Innalilahi wainnailaihi rojiun, Seorang Jamaah Haji Asal Inhil Meninggal Dunia

MEKKAH (MR) - Nurhayati Binti Arban Abdullah (59) meninggal dunia di Muzdalifah, Senin (20/8/2018) malam, sekitar pukul 23.00 waktu Saudi Arabia.

Jamaah Haji asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), tepatnya di Jalan Pelita Jaya Tembilahan Hulu ini meninggal dunia karena sakit.

Kabag Kesra Setdakab Inhil, H Arifin saat berada di lokasi mengaku cukup kaget dengan kejadian yang cukup singkat dan mendadak tersebut.

Sebab menurutnya, hari-hari sebelumnya Almarhumah itu cukup aktif beribadah, hingga pelaksanaan rangkaian Ibadah Wukuf 9 Zulhijjah.

Kemana pun, lanjutnya, jamaah itu bisa mengikutinya dengan baik, namun menjelang keberangkatan ke Muzdalifah, tiba-tiba mengalami sesak napas, akhirnya Tim Medis langsung mengambil tindakan dengan melakukan pemeriksaan secara Intens.

"Namun karena jadwal keberangkatan ke Muzdalifah sudah tiba yakni sekitar pukul 20.00 Waktu Saudi, jadwal rombongan kami BTH O3, semua harus sudah meninggalkan Arafah, Akhirnya beliau dibawa secara khusus dengan Kursi Roda dan di Infus serta didampingi Tim Medis," ceritanya 

Tiba di Muzdalifah sakitar Jam 22.00 WA, ketika turun dari Bus masih bisa bertahan, tetapi hanya beberapa menit saja tiba di Muzdalifah.

Di tengah kerumunan ribuan jamaah yang menuggu waktu tengah malam dan mengambil batu untuk melontar Jumrah itulah katanya beliau menghembuskan napas yang terakhir.

Menurut Arifin lagi, terasa sekalib harunya karena tidak sedikit Jamaah luar yang ikut menyaksikan kejadian itu yang sepontan mengucapkan subhananal, Allah Allahu Akbar Jannah Jannah, Surga Surga telah menatinya, Celoteh jamaah yang menyaksikan tersebut.

"Hanya beberapa saat Jenazah langsung dijemput oleh ambulan untuk dibawa ke tempat penyelenggaran jenazah di kota Mekkah, kami dengan rombongan lainya hanya bisa menyaksikan prosesi itu dan mendoakan semoga Almarhummah khusnul khatimah mendapat tempat yang mulia disisi Allah SWT, setelah Jenazah di Jemput Baru kami semua bersiap-siap menuju Mina," tuturnya.

Dikarenakan padatnya Jamaah, sehingga kata Arifin tidak langsung semua dapat terangkut subuh itu hingga namun pagi hari sekitar jam 7 semua jamaah sudah sampai di Tenda Maktab 62 di Mina,Insya Allah sore nanti baru semua Jamaah di arahkan untuk Ke Jamarat untuk melontar Jumar Aqabah.***(mir)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan