Riau

Pemilu 2019, KPU Riau Tetapkan DPT Sebanyak 3.723.564

PEKANBARU (MR) - KPU Riau sudah melaksanakan pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu 2019 pada Kamis (30/8/2018) kemarin. Data ini dirangkum dari hasil pleno KPU di tingkat kabupaten/kota se Riau.
 
"Dari hasil rekap kita, DPT untuk pemilu mendatang yakni sebanyak 3.723.564 pemilih," kata Ketua KPU Riau, Nurhamin pada Jumat (31/8/2018).
 
Namun diakui Nurhamin juga, DPT tersebut masih terdapat data ganda. Hal ini diakui Nurhamin karena Bawaslu Riau memberikan catatan ada 9 ribu data yang ganda pada DPT tersebut. Untuk itu mulai hari ini, KPU mengerahkan jajarannya di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk melakukan verifikasi.
 
"Kita akan cocokkan pemilih yang akan dihapus ini. Kemudian kita sampaikan juga ke KPU RI agar bisa dihapus juga di Sidalih," papar Nurhamin.
 
Untuk melakukan penghapusan ini, kata Nurhamin, pihaknya tidak bisa serta merta menghapusnya lewat komputer. Harus ada pengecekan langsung kepada yang bersangkutan supaya diketahui di TPS mana data mereka dihapus.
 
"Misalnya ada dua orang yang datanya identik. Kemudian untuk menghapusnya, tentu kita harus tahu di mana dia tinggal. Jangan nanti dihapus di TPS A ternyata dia tinggal di TPS A," papar Nurhamin.
 
Nurhamin sendiri menargetkan proses verifikasi data ganda ini bisa diselesaikan dalam wakti tujuh hari. Proses tersebut saat ini masih terus berjalan agar data pemilih pada 2019 nanti benar-benar akurat.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan